Tidak Spektakuler Tapi Bersejarah, Ini Foto Pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb

Sabtu, 12 Februari 2022 - 17:31 WIB
Foto pertama yang direkam Teleskop Luar Angkasa James Webb menunjukkan sebuah bintang bernama HD 84406 dan sebagian dari mosaik yang berhasil direkam pada 2 Februari 2022. Foto/Space.com/NASA
MOMEN yang paling ditunggu akhirnya datang juga. Untuk pertama kali Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) milik NASA merilis foto pertama yang berhasil direkam. Gambar yang dihasilkan memang tidak spektakuler, namun menjadi tonggak bersejarah dalam penelitian luar agkasa.

Tim ahli yang mengoperasikan Teleskop Luar Angkasa James Webb merilis beberapa gambar pertama pada hari Jumat 11 Februari 2022. Foto utama menunjukkan sebuah bintang bernama HD 84406 dan hanya sebagian dari mosaik yang berhasil direkam selama 25 jam pada 2 Februari 2022. Gambar itu direkam selama proses menyelaraskan cermin tersegmentasi observatorium JWST.

"Seluruh Tim James Webb sangat gembira melihat pengambilan gambar pertama dan penyelarasan teleskop berjalan baik," kata Marcia Rieke, peneliti utama instrumen James Webb dan astronom University of Arizona dalam pernyataan resmi bersama NASA dikutip SINDOnews dari laman space.com, Sabtu (12/2/2022).

Observatorium JWST sudah selama 48 hari di luar angkasa sejak peluncuran pada 25 Desember 2021. Saat ini teleskop luar angkasa ini masih menjalani proses commissioning (uji coba fungsi seluruh elemen) yang diperkirakan akan berlangsung sekitar enam bulan. Teleskop telah menghabiskan waktu sebulan pertama untuk membuka konfigurasi peluncuran dan berjalan hampir 1,5 juta kilometer jauhnya dari Bumi.

Selama sebagian besar waktu yang tersisa, para ilmuwan berfokus pada membangunkan dan mengkalibrasi instrumen observatorium dan membuat penyesuaian 18 segmen cermin emas teleskop James Webb. Cermin ini diperlukan untuk mendapatkan gambar yang tajam dan jelas dari alam semesta.

Namun, perjalanan teleskop James Webb masih panjang untuk mendapatkan gambar yang sempurna. Sebab, gambar HD 84406 yang ditunjukkan hari ini masih belum menunjukkan hasil yang baik. "Gambar pertama akan jelek," kata Jane Rigby, ilmuwan proyek operasi Teleskop James Webb.

Foto tersebut menunjukkan beberapa tampilan HD 84406, bintang yang baru-baru yang terekam teleskop James Webb. HD 84406 berada di konstelasi Ursa Major atau Big Bear, tetapi tidak terlihat dari Bumi tanpa teleskop.

Tapi itu adalah target awal yang sempurna untuk Webb karena kecerahannya stabil dan observatorium selalu dapat menemukannya . "Cahaya bintang, bintang terang ... bintang pertama yang akan dilihat Webb adalah HD 84406, bintang mirip matahari yang berjarak sekitar 260 tahun cahaya," tulis pejabat NASA di Twitter.

Anehnya, teleskop James Webb saat beroperasi sempurna tidak akan dapat merekam HD 84406 karena bintang ini terlalu terang untuk direkam. Sebelumnya, personel JWST telah mengatakan bahwa teleskop James Webb beroperasi penuh dengan baik pada akhir April 2022.

Selain gambar HD 84406, NASA juga membagikan gambar "selfie" yang diambil observatorium menggunakan lensa khusus yang menargetkan cermin utama observatorium untuk membantu selama proses penyelarasan.