6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub

Selasa, 15 Februari 2022 - 10:01 WIB
loading...
6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub
Cacing tanah adalah satu hewan yang tidak memiliki jantung, namun binatang ini memiliki tiga jantung semu di kerongkongannya untuk memeras pembuluh memompa darah ke seluruh tubuh. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah hewan ternyata memiliki karakteristik jantung yang berbeda satu sama lain, begitu juga manusia. Namun di dunia hewan, terdapat binatang yang memiliki jantung unik yang bisa memperbaiki kerusakannya sendiri hingga memiliki lebih dari satu jantung.

Saat istirahat, jantung manusia berdetak antara 60 dan 80 kali per menit, tetapi pada saat yang sama, jantung babi tanah yang berhibernasi hanya berdetak lima kali dan jantung burung kolibri mencapai 1.260 detak per menit selama penerbangan bertenaga.

Berat jantung manusia sekitar 0,3 kilogram, tetapi jantung jerapah memiliki berat sekitar 11 kilogram, Jantung jerapah sangat besar karena organ tersebut harus cukup kuat untuk memompa darah ke leher panjang mereka.

Berikut adalah 6 hewan di dunia yang memiliki jantung uni yang dikutip dari Live Science:

1. Katak

6 Hewan di Dunia yang Memiliki Jantung Unik, Nomor 5 Bikin Takjub


Mamalia dan burung memiliki empat bilik jantung, tetapi katak hanya memiliki tiga, dengan dua atrium dan satu ventrikel, kata Daniel Mulcahy, kolaborator penelitian zoologi vertebrata yang mengkhususkan diri pada amfibi dan reptil di Smithsonian Institution, Museum of Natural History di Washington, DC.



Mulcahy mengatakan, secara umum, jantung mengambil darah terdeoksigenasi dari tubuh, mengirimkannya ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen, dan memompanya ke seluruh tubuh untuk mengoksidasi organ-organ. "Katak bisa mendapatkan oksigen tidak hanya dari paru-parunya, tetapi juga dari kulitnya," kata Mulcahy.

Jantung katak memanfaatkan kekhasan evolusi ini. Saat darah terdeoksigenasi masuk ke atrium kanan, ia masuk ke ventrikel dan keluar ke paru-paru dan kulit untuk mendapatkan oksigen. Darah beroksigen kembali ke jantung melalui atrium kiri, kemudian ke ventrikel dan keluar ke organ utama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)