Roscosmos Kirim Ribuan Kilogram Logistik ke ISS untuk Kosmonot Rusia

Selasa, 15 Februari 2022 - 16:44 WIB
loading...
Roscosmos Kirim Ribuan Kilogram Logistik ke ISS untuk Kosmonot Rusia
Badan Antariksa Negara Rusia, Roscosmos meluncurkan pesawat kargo ruang angkasa Progress MS-19 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/TASS/Roscosmos
A A A
MOSKOW - Badan Antariksa Negara Rusia , Roscosmos meluncurkan pesawat kargo ruang angkasa Progress MS-19 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Progress MS-19, dikenal sebagai Progress 80P, diluncurkan dengan roket Soyuz 2.1a dari Situs 31/6 di Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan.

Peluncuran kargo ke-80 ini dilakukan 15 Februari 2022 pukul 09.25 waktu Baikonur dan merupakan misi pertama ke ISS tahun 2022. Peluncuran Progress MS-19 menandai misi ke-19 varian MS untuk kapal kargo Progress, peluncuran ke-3 dari Roket Soyuz pada tahun 2022, dan peluncuran pertama dari Kosmodrom Baikonur tahun ini.

Pesawat ruang angkasa kargo Progress MS-19 telah terpisah dari tahap ketiga roket pembawa Soyuz-2.1a. Pesawat ruang angkasa dijadwalkan berlabuh di ISS 17 Februari 2022 pada pukul 10:08 waktu Moskow dan bertugas selama 370 hari di orbit.



Pesawat ruang angkasa ini mengirimkan sekitar 1.600 kilogram kargo ke ISS, termasuk peralatan onboard, kabel untuk modul laboratorium Nauka, pasokan untuk sistem pendukung kehidupan, perangkat pemantauan medis, perlengkapan sanitasi, serta pakaian dan makanan untuk kosmonot.

Tak ketinggalan membawa sejumlah bahan penelitian dan eksperimen ilmiah, 430 kilogram komponen bahan bakar, 420 liter air minum, dan 40 kilogram tangki nitrogen terkompresi. Roscosmos mengatakan sebelumnya bahwa pesawat ruang angkasa Progress juga akan mengirimkan pasokan untuk mengatasi kebocoran pada modul Zvezda.
Roscosmos Kirim Ribuan Kilogram Logistik ke ISS untuk Kosmonot Rusia


Selain itu, pesawat ruang angkasa membawa enam satelit nano yang dibuat di Russia’s Southwestern State University. Satelit nano itu akan diluncurkan dari ISS selama perjalanan ruang angkasa sebagai bagian dari eksperimen ilmiah dan pendidikan Radioskaf.



Kapal kargo berasal dari pesawat ruang angkasa berawak Soyuz tetapi memiliki perbedaan utama yaitu mampu untuk kembali ke Bumi. Mirip dengan Soyuz, kapal Progress yang asli tidak menggunakan tenaga surya tetapi mengandalkan tenaga baterai.

Ada 42 pesawat ruang angkasa Progress asli dibuat sebelum pensiun pada tahun 1990. Progress-M adalah pesawat ruang angkasa Progress generasi kedua, yang melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1989.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)