Pertama Kali Perkawinan Macan Tutul Amur Terekam Kamera

Rabu, 16 Februari 2022 - 06:15 WIB
loading...
Pertama Kali Perkawinan Macan Tutul Amur Terekam Kamera
Macan tutul Amur atau sering disebut macan tutul Timur Jauh termasuk spesies yang langka dan jarang terekspose. Foto/TASS
A A A
VLADIVOSTOK - Macan tutul Amur atau sering disebut macan tutul Timur Jauh termasuk spesies yang langka dan jarang terekspose. Untuk pertama kali Taman Nasional Tanah Macan Tutul di Wilayah Primorsky, Rusia , dengan kamera tersembunyi merekam proses perkawinan macan tutul Amur pada 14 Februari 2022.

Pengelola Taman Nasional Tanah Macan Tutul Primorsky menyebutkan mendapatkan beberapa foto perkawinan kawin macan tutul Timur Jauh bernama Valera yang berusia usia 13. Kejadian ini cukup langka, apalagi usia macan tutul Timur Jauh rata-rata 12 tahun.

“Seekor kucing besar bernama Valera, pada usia 13 tahun, bertemu seekor macan tutul betina muda. Macan tutul tua menunjukkan perilaku yang nyaman dan bahkan berkomunikasi dengan lawan jenisnya, ini menunjukkan sifat dan kesehatan yang baik," tulis laporan resmi taman nasional dikutip SINDOnews dari laman TASS, Rabu (16/2/2022).



Macan tutul Timur Jauh betina diperkirakan baru berusia sekitar dua tahun dan ini adalah momen pertama kalinya dia difoto di taman nasional. Menurut para ilmuwan, memperoleh data seperti itu dari alam liar adalah peristiwa yang sangat langka, sangat berharga bagi sains, dan memungkinkan untuk melacak hubungan antara hewan dan membangun pohon keluarga.

Pekerjaan semacam itu membantu untuk lebih memahami struktur sosial dan spasial populasi, pola migrasi dan penyebaran hewan, dan mengembangkan langkah-langkah konservasi yang optimal. "Berkat foto-foto itu, kami mendapat informasi berharga baik tentang Valera,” kata Marina Syrytsa, Kepala Departemen Sains Land of the Leopard.

Nama Valera diberikan kepada macan tutul Amur jantan oleh para pemain klub hoki "Laksamana" untuk menghormati pemain hoki legendaris Soviet Valery Kharlamov. Macan tutul dapat berkembang biak setiap saat sepanjang tahun.



Biasanya, perkawinan mereka hanya berlangsung beberapa hari, dan setelah kehidupan perkawinan yang singkat, mereka dengan cepat kehilangan minat satu sama lain. Jika seekor betina hamil, akan mengandung selama sekitar 90 hari dan melahirkan hingga tiga anak.

Macan tutul Timur Jauh adalah kucing besar paling langka di dunia. Pada awal 2000-an, hanya ada sekitar 35 spesimen liar predator ini yang tersisa di dunia. Hewan itu berada di ambang kepunahan. Berkat penciptaan Taman Nasional Tanah Macan Tutul, populasinya telah meningkat pesat dan telah berkembang menjadi 110 ekor.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)