Mirip, Ilmuwan Cari Benang Merah Virus Corona dengan Flu Rusia 1889

Kamis, 17 Februari 2022 - 19:31 WIB
loading...
Mirip, Ilmuwan Cari Benang Merah Virus Corona dengan Flu Rusia 1889
Ilmuwan sedang menyelidiki keterkaitan antara pandemi Corona dengan flu Rusia yang terjadi tahun 1889 lalu. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ilmuwan sedang menyelidiki keterkaitan antara pandemi Corona dengan flu Rusia yang terjadi tahun 1889 lalu. Mereka kini sedang mencari sampel jaringan paru-paru yang diawetkan sebelum pandemi flu Rusia.

Dikutip dari Live Science, Kamis (17/2/2022), pada tahun 1889, penyakit pernapasan misterius muncul di Rusia dan kemudian menyebar ke seluruh dunia, memicu setidaknya tiga gelombang infeksi selama beberapa tahun.

Sekarang, beberapa ilmuwan menduga bahwa penyakit yang dijuluki flu Rusia ini sebenarnya mungkin disebabkan oleh pandemi virus corona yang mirip dengan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, The New York Times melaporkan.

Ada beberapa persamaan yang mudah ditarik antara kedua pandemi. Misalnya selama pandemi flu Rusia, sekolah dan tempat kerja ditutup karena banyaknya orang yang terinfeksi.



Mereka yang terinfeksi sering kehilangan indra perasa dan penciuman, dan beberapa mengalami gejala jangka panjang yang bertahan selama berbulan-bulan.



Secara umum, flu Rusia tampaknya membunuh jauh lebih banyak orang tua daripada anak-anak. Tidak seperti virus influenza, yang cenderung sama fatalnya bagi kedua kelompok usia.

"Ciri-ciri pandemi flu Rusia ini sangat mirip dengan pandemi saat ini, namun gagasan bahwa flu Rusia mungkin disebabkan oleh virus corona tetap spekulatif," kata Peter Palese, seorang peneliti flu dan profesor kedokteran di Icahn School of Medicine di Mount Sinai di New York, kepada The New York Times.

Beberapa ahli mulai mempercayai teori ini, tetapi yang lain mengatakan mereka perlu bukti kuat untuk mendukung gagasan itu. Sayangnya, bukti itu belum ditemukan hingga kini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5075 seconds (0.1#10.140)