Jum'at, 18 Februari 2022 - 17:02 WIB
4 Burung yang Hampir Punah di Indonesia, Populasinya Tinggal Puluhan Ekor
Burung yang hampir punah di Indonesia tercatat hanya menyisakan puluhan ekor di alam liar seperti burung Jalak Bali. Foto/dok
JAKARTA - Burung yang hampir punah di Indonesia tercatat hanya menyisakan puluhan ekor di alam liar seperti burung Jalak Bali dan Tokhtor Sumatera.

Untuk menjaga kelestarian hewan ini, pemerintah telah mengeluarkan aturan yang melarang perburuan burung terancam punah ini

Terdapat sejumlah spesies burung yang hampir punah di Indonesia lantaran ancaman terhadap keanekaragaman hayati global terus menguat hingga ke tingkat kepunahan.

Kepunahan spesies burung tersebut lantaran mereka menghadapi berbagai ancaman, antara lain, kehilangan habitat asli serta perburuan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini burung yang hampir punah di Indonesia.

1. Burung Jalak Bali

4 Burung yang Hampir Punah di Indonesia, Populasinya Tinggal Puluhan Ekor

Jalak Bali adalah satwa endemik dari Indonesia ini. Burung Jalak Bali (Leucopsar Rothschildi) berasal dari Bali. Kini kemolekan Jalak Bali hampir sulit ditemukan lantaran Jalak Bali terancam punah akibat adanya perburuan liar untuk perdagangan ilegal karena harganya yang tergolong fantastis, mencapai puluhan juta untuk satu ekor burung.

Tak hanya perburuan liar, kerusakan ekosistem akibat ulah manusia juga menjadi salah satu faktor turunnya populasi Jalak Bali di alam liar. Saat ini diperkirakan kurang dari 50 burung dewasa Jalak Bali yang ada di alam liar.

Jumlah populasi Jalak Bali di alam liar terbilang sangat sedikit. Kecilnya populasi burung tersebut dikarenakan cara reproduksinya yang hanya menghasilkan 1–3 telur dalam setiap perkawinannya.