Ini Penyebab Kucing Menyukai Tanaman Akar Kucing

Selasa, 22 Februari 2022 - 16:10 WIB
Ini Penyebab Kucing Menyukai Tanaman Akar Kucing
Kucing memang termasuk spesies karnivora, namun menyukai tanaman Akar Kucing. Foto/Laman Hewan Peliharaan
KUCING memang termasuk spesies karnivora, namun menyukai tanaman Akar Kucing. Tanaman yang memiliki nama latin Acalypha indica ini punya berbagai nama lokal, di antaranya Kucing-kucingan, Kucing Galak, Cakar Kucing, Bayam Liar, dan Anting-anting.

Di dalam tanaman Akar Kucing ini terdapat senyawa fenol dan flavanoid. Pada bagian daun, batang, dan akar mengandung saponin dan tanin. Batangnya juga mengandung flavonoida dan daunnya mengandung minyak asiri.

Senyawa fenol bersifat antibakteri yang bagus untuk antiseptik, anti radang, dan aktif dapat menghilangkan rasa sakit setempat, mencegah bahkan menyembuhkan rematik artritis. Senyawa flavanoid bersifat antioksidan, yang dipercaya dapat menghambat pembentukan asam urat.

Kucing sangat menyukai tanaman Akar Kucing karena khasiatnya berguna membantu melancarkan pencernaan karena sebagai karnivora sering mengalami masalah dengan pencernaannya. Kucing biasanya akan mengigit-gigit akar tanaman sampai kering.

Kucing yang sudah merasa cukup dengan akar ini biasanya akan menjauh. Daun tanaman Akar Kucing mengandung senyawa yang disebut nepetalactone. Inilah juga menjadi salah satu sebab tanaman ini disukai kucing. Biasanya Kucing suka memakan daun tanaman ini karena memberi euforia tinggi.

Berdasarkan penelitian Journal Agriculture Food Chemical , Akar Kucing merupakan tanaman perdu yang tumbuh liar dan termasuk famili Euphorbiaceae. Akar Kucing memiliki batang setinggi 30-35 cm, daun tunggal, dan akar tunggang berwarna putih.