Reptil Bersayap Terbesar Periode Jurassic, Fosil Pterosaurus Berusia 170 Juta Tahun Ada di Skotlandia

Selasa, 22 Februari 2022 - 21:16 WIB
Pterosaurus berusia 170 juta tahun ditemukan di Isle of Skye di lepas pantai barat laut Skotlandia memiliki lebar sayap sekitar 2,5 meter. Foto/NewsScientist
EDINBURGH - Pterosaurus berusia 170 juta tahun ditemukan di Isle of Skye di lepas pantai barat laut Skotlandia memiliki lebar sayap sekitar 2,5 meter. Ini menjadikan Pterosaurus sebagai reptil bersayap terbesar yang diketahui dari zaman Jurassic .

Fosil Pterosaurus yang sangat terpelihara dengan baik, ditemukan di pulau Skotlandia, mewakili reptil terbang terbesar yang pernah ditemukan dari Periode Jurassic. Pterosaurus memiliki lebar sayap sekitar 2,5 meter, kepala yang aerodinamis, serta gigi atas dan bawah yang saling bersilangan seperti bulu kaku pada daun penangkap lalat Venus.

Spesies baru ini memberikan bukti bahwa Pterosaurus mulai membesar jauh lebih awal dari zaman prasejarah. Pterosaurus berevolusi 230 juta tahun yang lalu selama Periode Trias sebagai reptil terbang kecil.

Tetapi pada Zaman Kapur, ketika dinosaurus darat populer seperti Tyrannosaurus rex dan Triceratops berkeliaran, Pterosaurus seperti Quetzalcoatlus telah tumbuh seukuran jet tempur modern dengan lebar sayap 12 meter.

"Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah yang sangat panjang [penelitian Pterosaurus Inggris], kami menemukan tengkorak dan tubuh yang menempel," kata Natalia Jagielska ilmuwan di University of Edinburgh, dikutip SINDOnews dari laman Newscientist,Selasa (22/2/2022).

Inspeksi visual dari dekat dan mikrotomografi terkomputasi sinar-X, mengungkapkan kerangka yang sangat terpelihara baik. Bentuk tulang diartikulasikan seperti di kehidupan nyata tertanam di lempengan batu kapur.

Jagielska mengatakan bahwa Pterosaurus ini adalah remaja yang sedang tumbuh dengan tulang yang belum menyatu di kepala dan punggungnya dan struktur mikro tulang yang tumbuh cepat. Meskipun usianya masih muda, dia memiliki tulang tungkai yang lebih panjang dan tengkorak yang lebih panjang.

“Diperkiraan lebar sayap total yang lebih besar daripada pterosaurus Jurassic lainnya yang diketahui. Anggota spesies terbesar mungkin berukuran 3,8 meter dari ujung sayap ke ujung sayap,” kata Jagielska.

Pterosaurus memiliki gigi atas dan bawah yang tajam yang saling bersilangan di luar mulutnya, yang ideal untuk menangkap ikan. Seperti banyak pterosaurus lainnya, dia memiliki leher pendek dan ekor panjang. Tetapi tidak seperti banyak Pterosaurus, individu ini tampaknya tidak memiliki jambul.