Simpan Harta Karun 200 Ton Emas dan Permata, Bangkai Kapal San Jose Jadi Rebutan 3 Negara

Kamis, 24 Februari 2022 - 19:54 WIB
loading...
Simpan Harta Karun 200 Ton Emas dan Permata, Bangkai Kapal San Jose Jadi Rebutan 3 Negara
Kapal Spanyol San Jose tertembak meriam armada kapal Inggris dalam pertempuran laut 300 tahun lalu. Foto/Live Science
A A A
BOGOTA - Bangkai kapal San Jose yang tenggelam 300 tahun lalu jadi rebutan tiga negara, yaitu Spanyol, Kolombia, dan Bolivia. Kapal San Jose tenggelam di dekat Semenanjung Baru, selatan Cartagena, Kolombia, dalam pertempuran laut dengan kapal perang Inggris.

San Jose, yang dikenal sebagai galleon (kapal bergeladak besar dan bertingkat) dengan 64 meriam, tenggelam bersama sekitar 200 ton emas, perak, dan permata yang berada di dalamnya. Harta karun San Jose saat diperkirakan senilai USD17 miliar atau sekitar Rp244,7 Triliun.

Pemerintah Spanyol mengklaim San José adalah kapal milik negara (Spanyol) ketika ditenggelamkan. Jadi sesuai konvensi internasional, Spanyol masih memiliki semua yang ada di dalamnya.



Sebuah kelompok pribumi di Bolivia, bangsa Qhara Qhara, juga mengklaim harta karun dalam kapal San Jose. Mereka beralasan Spanyol memaksa nenek moyang mereka untuk menambang sebagian besar harta yang dibawa kapal San Jose pada abad ke-16.

Terbaru, dikutip dari laman Live Science, Kamis (24/2/2022), pemerintah Kolombia juga menyatakan berhak atas harta karun dalam bangkai kapal San Jose. Melalui surat keputusan presiden, Kolombia meminta semua pihak mengembalikan harta karun yang berasal dari kapal San Jose.

Pada awal 1980-an, sebuah perusahaan AS bernama Sea Search Armada mengklaim telah menemukan bangkai kapal San José dan mengusulkan kesepakatan kepada pemerintah Kolombia untuk berbagi harta karun itu. Namun pemerintah Kolombia menolak memberikan izin untuk penyelamatan kapal karam itu, gugatan perusahaan itu akhirnya dibatalkan di pengadilan AS.


Simpan Harta Karun 200 Ton Emas dan Permata, Bangkai Kapal San Jose Jadi Rebutan 3 Negara


Pada tahun 2015, pemerintah Kolombia mengumumkan bahwa angkatan lautnya telah menemukan bangkai kapal San Jose di lokasi yang berbeda. Menurut BBC, Kolombia mengeluarkan undang-undang pada tahun 2013 yang menyatakan bahwa semua bangkai kapal di perairannya adalah bagian dari warisan nasional negara (Kolombia).

Pemerintah Kolombia memperkirakan ada sekitar 1.200 bangkai kapal sejenis di perairan wilayahnya. Kapal San Jose ditemukan terbaring di dasar laut sedalam 600 meter dan diperkirakan dibutuhkan biaya USD70 juta untuk mengeksplorasi harta karun di dalamnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2378 seconds (0.1#10.140)