Penemuan Benda Peninggalan Mpu Sindok Jadi Artefak Tertua di Situs Srigading Malang

Senin, 28 Februari 2022 - 14:51 WIB
loading...
Penemuan Benda Peninggalan Mpu Sindok Jadi Artefak Tertua di Situs Srigading Malang
Caption Lingga dan Ratna candi yang dibawa petugas ke Museum Singasari Malang (Avirista Midaada / MPI) Caption Arca Mahakala yang ditemukan di Situs Srigading Malang / FOTO DOK SINDOnews
A A A
MALANG - Temuan artefak atau benda - benda bersejarah dari Situs Srigading Malang disebut merupakan peninggalan tertua di Kabupaten Malang. Bahkan benda-benda cagar budaya peninggalan Kerajaan Mataram Kuno era Mpu Sindok, kini disimpan di Museum Singasari.

Temuan arca dan benda bersejarah ini bahkan telah disimpan sejak adanya informasi penemuan pada awal tahun 2021. Dimana dua arca yang ditemukan yakni Durga dan Mahesa Suramadu.

BACA JUGA - Belanda Kembalikan Artefak Milik Meksiko setelah 20 Tahun Menyimpannya
Pamong Budaya Ahli Muda Museum Singasari Yossi Indra Hardyanto menuturkan, pihak Museum Singasari sudah memindahkan barang cagar budaya demi keamanan sejak awal tahun 2021 lalu. Dimana saat itu warga sekitar menyebut adanya temuan dua arca yang akhirnya diamankan oleh pihak museum, usai berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Srigading.

"Jadi bukan pemindahan liar, dan dari semua koleksi dari Situs Srigading yang paling berumur sebenarnya. Kami ambilnya pas awal-awal tahun kemarin. Itu arca Mahesa Suramadu dengan arca Dewi Durga, itu yang asli bukan replika," kata Yossi Indra, saat ditemui di Situs Srigading pada Senin (28/2/2022).

Kedua arca yang ditemukan di Situs Srigading Malang menjadi penemuan benda cagar budaya tertua yang ada di Kabupaten Malang.

""Dari sini karena kami sudah dilengkapi BHST jadi bukan pemindahan liar, dan dari semua koleksi dari Situs Srigading yang paling berumur sebenarnya," bebernya.

Sayang kondisi kedua arca yang ditemukan di awal tahun 2021 lalu sudah tak lengkap. Beberapa bagian arca dinyatakan hilang dengan kondisi terdapat patahan - patahan.

"Yang Durga masih 80 persen, Mahesa Suramadu kondisinya masih sekitar 60 persen, karena kepala - kepala dan bagian-bagiannya sudah hilang," ujarnya.

Temuan dari Situs Srigading Malang sendiri bakal menambah koleksi benda-benda cagar budaya yang ditemukan dari beberapa wilayah di Kabupaten Malang. Pasalnya, hingga awal 2022 setidaknya ada 215 benda cagar budaya telah disimpan di Museum Singasari Malang.

"Kami awal tahun 2022 ada 215-an koleksi, tapi ada yang replika, kami juga sudah bikin yang asli, pindahan Watugede Tumpang, Desa Nyinyit, dijadikan masterpiece dari Museum Singasari," ungkapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1953 seconds (11.97#12.26)