Kawah Bekas Tumbukan Asteroid Terbesar Ditemukan di China

Selasa, 01 Maret 2022 - 10:01 WIB
Kawah Bekas Tumbukan Asteroid Terbesar Ditemukan di China
Sebuah kawah di Timur Laut China memegang rekor sebagai kawah tumbukan asteroid terbesar di Bumi yang terbentuk dalam 100.000 tahun terakhir. Foto/dok
BEIJING - Sebuah kawah di Timur Laut China memegang rekor sebagai kawah tumbukan asteroid terbesar di Bumi yang terbentuk dalam 100.000 tahun terakhir. Kawah ini mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh kawah Arizona di Amerika Serikat.

Sebelum tahun 2020, satu-satunya kawah tumbukan lain yang pernah ada di China ditemukan di daerah Xiuyan di provinsi pesisir Liaoning, menurut sebuah pernyataan dari NASA Earth Observatory.

Kemudian, pada Juli 2021, para ilmuwan mengkonfirmasi bahwa struktur geologis di pegunungan Xing'an Kecil telah terbentuk sebagai akibat dari batu luar angkasa yang menabrak Bumi.

Dilansir Live Science, Selasa (1/3/2022), Kawah Yilan berukuran sekitar 1,85 kilometer dan berdasarkan penanggalan radio karbon, kawah ini terbentuk sekitar 46.000 hingga 53.000 tahun yang lalu.

Para peneliti mengumpulkan sampel sedimen ini dengan mengekstraksi inti bor dari pusat kawah . Di bawah tanah sedalam 100 meter, danau berlapis dan sedimen rawa terdapat lempengan granit breksi setebal hampir 320 meter.

Granit tersebut terdiri dari banyak fragmen berbatu yang disemen bersama dalam matriks, tim menemukan . Batuan ini memiliki bekas luka bekas hantaman meteorit.

Itu diketahui setelah peneliti melihat pecahan batu menunjukkan tanda-tanda meleleh dan mengkristal selama tumbukan. Karena granit dengan cepat memanas dan kemudian mendingin.

Tim juga menemukan pecahan kaca berbentuk tetesan air mata dan potongan kaca yang dilubangi dengan lubang kecil yang dibuat oleh gelembung gas. "Kedua fitur ini juga menunjukkan bahwa dampak intensitas tinggi terjadi di sana," kata NASA.