Ini Koin Emas Langka Bergambar Volusianus, Kaisar Muda Romawi yang Dibunuh Pengawalnya

Selasa, 01 Maret 2022 - 14:22 WIB
loading...
Ini Koin Emas Langka Bergambar Volusianus, Kaisar Muda Romawi yang Dibunuh Pengawalnya
Koin emas sangat langka bergambar wajah Kaisar Volusianus ditemukan di Somogy County di barat daya Hongaria. Foto/Live Science
A A A
BUDAPEST - Koin emas sangat langka bergambar wajah Kaisar Volusianus ditemukan di Somogy County di barat daya Hongaria. Denominasi koin emas ini sangat langka karena Kaisar Volusianus memimpin Rowawi sangat singkat sekitar 2 tahun.

Kaisar Volusianus memimpin atau antara tahun 251 dan 253 M, jadi hanya sedikit mengeluarkan mata uang koin emas saat memegang pemerintahan. Kaisar Volusianus meninggal di usia muda yaitu 22 tahun setelah dibunuh oleh tentara pengawalnya.

Máté Varga, arkeolog dari Universitas Szeged, Hongaria dan kepala penggalian arkeologi menjelaskan, koin emas ini belum diketahui siapa pemilik aslinya. Apalagi para peneliti hanya menemukan satu keping koin saat melakukan penggalian di situs bersejarah itu.

"Kemungkinan ada orang yang tersesat. Pasti merupakan kerugian besar bagi pemilik sebelumnya kehilangan koin berharga ini," kata Varga kepada Live Science melalui email, dikutip SINDOnews, Selasa (1/3/2022).



Koin emas sebesar 0,2 ons atau 5,6 gram ini dikenal sebagai Aureus. Koin tersebut dicetak pada masa pemerintahan Kaisar Volusianus sekitar tahun 251 dan 253 M.

“Satu sisi koin menampilkan potret kaisar berjanggut dengan mahkota sinar di kepalanya, sementara sisi lain menggambarkan Libertas, personifikasi kebebasan,” kata Varga.

Koin ini juga bukan "uang receh" karena Denominasi koin bukan Aureus biasa, tetapi binio langka, yaitu aureus ganda. "Nominal ini baru muncul pada awal abad ketiga Masehi ... kemudian dengan cepat menghilang lagi," kata Marjanko Pileki, seorang numismatis dan asisten peneliti di Kabinet Koin Yayasan Schloss Friedenstein Gotha di Jerman.


Ini Koin Emas Langka Bergambar Volusianus, Kaisar Muda Romawi yang Dibunuh Pengawalnya


Penggalian arkeologi di situs Romawi ini masih berlangsung. Berdasarkan artefak yang ditemukan, termasuk koin ini, tampaknya pemukiman itu ada pada abad ketiga dan keempat. Pada zamannya wilayah ini merupakan bagian dari provinsi Romawi Pannonia Superior.

Koin itu sekarang menjadi bagian dari Koleksi Numismatik di Museum Rippl-Rónai, yang sebelumnya hanya memiliki satu koin emas Romawi. Artefak lain yang ditemukan termasuk koin perak dan perunggu Romawi (termasuk salah satu kaisar abad ketiga Probus), kunci perunggu, cincin perak dengan prasasti, dan bros kaca.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)