3 Hewan Paling Cepat Berkembang Biak

Jum'at, 04 Maret 2022 - 16:20 WIB
loading...
3 Hewan Paling Cepat Berkembang Biak
Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup untuk melestarikan jenisnya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup untuk melestarikan jenisnya. Tahukah Anda hewan apa saja yang paling cepat berkembang biak?

Nah, berikuti 3 hewan yang paling cepat berkembang biak dilansir dari berbagai sumber;

1. Kelinci
3 Hewan Paling Cepat Berkembang Biak


Kelinci merupakan hewan yang tak memiliki masa kawin khusus, sehingga bisa berkembang biak sepanjang tahun. Kelinci betina mampu berkembang biak pada usia 3-4 bulan. Sedangkan, kelinci jantan pada usia 6 minggu.

Perkawinan kelinci terjadi sekitar 3 detik. Selain itu, kelinci dapat cepat hamil kembali setelah melahirkan anak hanya dalam 28 hari. Saat melahirkan, rata-rata induk kelinci bisa melahirkan 4-12 bayi kelinci.



2. Tikus Got
3 Hewan Paling Cepat Berkembang Biak


Tikus memiliki masa kehamilan yang berbeda-beda. Tikus got (Rattus norvegicus) periode kehamilannya adalah 21-24 hari, mirip dengan tikus Polinesia (Rattus exulans). Sementara, tikus rumah (Rattus rattus) memiliki masa kehamilan 23 hari.

Tikus ini melahirkan 10-12 anak dalam satu waktu dan bisa melahirkan hingga 17 kali dalam setahun. Dari sepasang tikus, mereka akan beranak-pinak hingga 170-204 anak dalam setahun.



3. Gerbil
3 Hewan Paling Cepat Berkembang Biak


Gerbil (Gerbillinae) merupakan tikus yang tinggal di daerah gurun. Dalam proses berkembang biaknya, sepasang Gerbil dapat melahirkan mencapai 96 ekor dalam setahun dengan rentang masa kehamilannya yakni sekitar 25 hari. Gerbil akan melahirkan 1-8 bayi dalam satu waktu.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)