Pertahankan Laboratorium Senjata Biologis di Ukraina, AS Akui Serang Rusia

Kamis, 10 Maret 2022 - 05:03 WIB
Pertahankan Laboratorium Senjata Biologis di Ukraina, AS Akui Serang Rusia
Amerika Serikat mengakuii memiliki Laboratorium Senjata Biologis di Ukaraina. FOTO/ IST
KIEB - Amerika Serikat (AS) mengaku bekerja sama dengan Ukraina untuk mencegah pasukan Rusia menyerbu dan menyita bahan penelitian biologi yang berada di laboratorium senjata biologis .

Departemen Luar Negeri juga menyatakan keprihatinan jika militer Rusia mencoba untuk menguasai fasilitas penelitian biologi di Ukraina.

Kemarin, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Politik Vicoria Nuland bersaksi dalam sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat tentang Ukraina di Washington.

Komite tersebut dibentuk untuk mempelajari agresi Rusia terhadap Ukraina dan tanggapan dari seluruh dunia.

Menyusul tanggapan tersebut, Senator AS Marco Rubio menambahkan ada laporan tentang 'propaganda Rusia' yang mengklaim penemuan plot oleh Ukraina untuk melepaskan senjata biologis yang dikoordinasikan NATO.

Ditanya apakah serangan senjata biologis atau kimia akan terjadi di Rusia yang diatur oleh Rusia, Rubio tidak menyangkal tuduhan tersebut.

“Saya yakin karena itu adalah teknik klasik Rusia untuk menyalahkan pria lain atas apa yang mereka rencanakan untuk dilakukan sendiri,” katanya seperti dilansir dari The New York Time, Rabu (9/3/2022).

Sebelumnya, pemerintah Rusia mengklaim bahwa laboratorium biologi Biolabs yang didanai AS sedang mengembangkan senjata biologis di Ukraina.

Kedutaan Besar AS di Ukraina mengatakan pihaknya mendanai program penelitian di Ukraina untuk mengembangkan "patogen paling berbahaya di dunia".

Minggu lalu, Kementerian Pertahanan Rusia menemukan bukti Biolabs menghancurkan sampel patogen berbahaya segera ketika 'operasi militer' dimulai.

Itu terjadi dua hari setelah Rusia mengklaim Ukraina membangun senjata nuklir dari bom berbasis plutonium yang kotor.

Kementerian Luar Negeri Moskow mengunggah tweet Twitter tentang penemuan bukti yang Kyiv berusaha untuk menghapus jejak program biologi militer yang didanai Pentagon di Ukraina.