Tank Kaplan Pertama Indonesia Dikirim dari Turki, Punya Banyak Kehebatan

Sabtu, 12 Maret 2022 - 18:05 WIB
loading...
Tank Kaplan Pertama Indonesia Dikirim dari Turki, Punya Banyak Kehebatan
Indonesia segera menerima Tank Kaplan pertama dari Turki pada 15 Maret 2022. Tank kelas menengah (Medium Tank) ini merupakan hasil kerja sama antara FNSS Defence SystemTurki dan PT Pindad. Foto/Bulgarian Military
A A A
JAKARTA - Indonesia segera menerima Tank Kaplan pertama dari Turki pada 15 Maret 2022. Tank kelas menengah (Medium Tank) ini merupakan hasil kerja sama antara FNSS Defence System Turki dan PT Pindad.

Proyek Kaplan MT merupakan kontrak ekspor pertama Turki di Kelas Medium Weight Tank. Ini merupakan proyek pertama yang dimulai dan diselesaikan dalam kerangka Perjanjian Kerjasama Industri Pertahanan antara Indonesia dan Turki.

Berdasarkan kontrak tersebut, ada 18 unit tank Kaplan yang akan diproduksi, 10 tank pertama akan diproduksi di Turki dan 8 tank sisanya akan diproduksi di Indonesia. Tank Kaplan akan dioperasikan Angkatan Darat Indonesia (TNI AD).



Dikutip dari laman Bulgarian Military, Sabtu (12/3/2022), tank Kaplan memiliki kemampuan menembak langsung yang tepat sehingga memberikan kekuatan serangan dengan mobilitas taktis. Tank dikontrol secara elektronik dan sistem suspensi di belakang tangki memberikan mobilitas tinggi pada semua berbagai jenis medan dan iklim.

Tank Kaplan punya sistem mobilitas canggih dari sistem suspensi 6 roda berdasarkan track pin ganda dan poros torsi. Tank Kaplan berhasil menggabungkan kemampuan beradaptasi dengan berbagai medan dan fitur kontrol mengemudi yang unggul.

Tank ini cocok dioperasikan di medan pegunungan, medan terjal tinggi yang sulit dijangkau tank tempur utama, dan jalan dengan jembatan kecil. Dengan 2 tangki bahan bakar terpisah yang dimiliki, Tank Kaplan mampu menjangkau area operasi minimum 450 kilometer.


Tank Kaplan Pertama Indonesia Dikirim dari Turki, Punya Banyak Kehebatan


Unit daya cadangan, mampu mengisi daya baterai dan memungkinkan menara kontrok tetap bisa digunakan saat mesin tank tidak bekerja. Sistem pemantauan baterai tangki yang canggih menawarkan manajemen daya yang optimal dan kemampuan pengawasan senyap.

Unit pendingin tank yang dipadukan dengan perangkat lunak cerdas memberikan efisiensi torsi optimal dan penghematan bahan bakar. Mesin diesel dan transmisi otomatis adalah jantung dari tank Kaplan yang diawaki 3 personel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)