Ini 7 Dampak Letusan Krakatau Tahun 1883 ke Dunia

Senin, 14 Maret 2022 - 20:06 WIB
loading...
Ini 7 Dampak Letusan Krakatau Tahun 1883 ke Dunia
Dampak letusan Krakatau 1883 berupa gelombang tsunami besar hingga material yang dimuntahkan berupa debu dan gas yang menyelimuti atmosfer. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Dampak letusan Krakatau 1883 berupa gelombang tsunami besar hingga material yang dimuntahkan berupa debu dan gas yang menyelimuti atmosfer telah memberikan dampak yang luar biasa secara global.

Letusan Krakatau 1883 merupakan letusan gunung berapi yang terbesar pada masa itu. Tercatat, letusannya mengeluarkan ribuan ton material berupa batu, lumpur, dan debu yang suaranya terdengar ribuan mil jauhnya.

Ledakan itu juga menimbulkan tsunami, yang ketinggian gelombang maksimumnya mencapai 40 meter dan menewaskan sekitar 34.000 orang.

Alat pengukur pasang surut lebih dari 11.000 kilometer jauhnya di Semenanjung Arab bahkan mencatat peningkatan ketinggian gelombang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut dampak letusan Krakatau 1883:

1. Hujan Abu Panas

Hujan abu yang menyembur menyebabkan suasana hari menjadi kelam dan suhu turun. Hujan abu dan gas vulkanik yang merubah cuaca di bumi telah memberikan dampak yang signifikan bagi lingkungan, ekonomi, dan sosial masyarakat di banyak wilayah.



2. Tsunami

Tsunami Krakatau menunjukan bahwa gelombang yang paling tinggi terjadi di Merak. Saking dahsyatnya, letusan Gunung Krakatau menyebabkan tsunami setinggi 42 meter yang berjarak hingga 34 kilometer.

Setelah kejadian, banyak mayat manusia dan binatang bergelimpangan. Tak hanya di lokasi kejadian, guncangan tsunami pun dirasakan oleh kapal-kapal di Afrika Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3000 seconds (0.1#10.140)