NASA Siapkan Roket Mega Moon, Misi Peluncuran ke Bulan Makin Nyata

Selasa, 15 Maret 2022 - 09:44 WIB
loading...
NASA Siapkan Roket Mega Moon, Misi Peluncuran ke Bulan Makin Nyata
NASA telah menyiapkan pesawat ruang angkasa Orion di atas roket Space Launch System (SLS) atau yang dikenal sebagai Roket Mega Moon. Foto/Live Science/NASA
A A A
FLORIDA - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) telah menyiapkan pesawat ruang angkasa Orion di atas roket Space Launch System (SLS) atau yang dikenal sebagai "Roket Mega Moon". Kemajuan ini menunjukkan misi peluncuran ke Bulan Artemis I oleh NASA semakin mendekati kenyataan.

Roket Mega Moon yang sudah disusun dan dibersihkan disiapkan ke landasan peluncuran di Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Senin (14/3/2022). Roket Mega Moon dijadwalkan menjalani tes pra-peluncuran pada Kamis (17/3/2022).

NASA dalam keterangan kepada pers mengatakan, Roket Mega Moon akan melakukan perjalanan sejauh 6,4 kilometer dari Vehicle Assembly Building (VAB) Kennedy ke Launch Pad 39B, jika cuaca mengizinkan. Peluncuran akan dimulai pada pukul 5 sore waktu setempat.



Charlie Blackwell-Thompson, direktur peluncuran NASA's Exploration Ground Sistem Program menjelaskan, perjalanan roket akan memakan waktu sekitar 11 jam untuk mencapai tujuannya, dibawa oleh Crawler-Transporter 2 dengan kecepatan 1,3 km/jam.

Setelah pesawat ruang angkasa dan roket diposisikan di landasan peluncuran, para insinyur akan membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk mempersiapkan apa yang dikenal sebagai "latihan pakaian basah". Diberikan nama demikian karena tes ini menunjukkan bahwa roket dapat dimuat dengan propelan cair super dingin.

“Panggilan ke stasiun untuk latihan pakaian basah kemungkinan akan dilakukan pada 1 April. Dan, operasi pengisian tanki diharapkan dimulai pada 3 April 2022,” kata Blackwell-Thompson.



Blackwell-Thompson menambahkan, pnsinyur dan teknisi juga akan berlatih hitungan mundur peluncuran untuk menguji respons roket. Mulai dari skenario penghentian penerbangan, sebelum menyelesaikan latihan, menguras tangki bahan bakar dan mempersiapkan roket untuk kembali ke VAB, yang akan memakan waktu delapan hingga sembilan hari lagi.

"Salah satu hal yang saya katakan kepada tim kami hari ini saat kami menyelesaikan pra-tes adalah: Luangkan waktu sejenak. Hargai momen ini, karena menjadi yang pertama tidak sering datang dalam kariermu," kata Blackwell-Thompson.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3374 seconds (0.1#10.140)