Kamis, 17 Maret 2022 - 10:44 WIB
Ini Rahasia Mengapa Hiu Megalodon Bisa Berukuran Raksasa
Tempat tinggal yang dingin membuat ukuran hiu megalodon berukuran raksasa. Foto/IST
JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan jawaban dari rahasia mengapa hiu megalodon memiliki ukuran sebesar raksasa. Ukuran hiu megalodon memang sangat fantastis jika dibandingkan dengan ukuran hiu-hiu yang ada saat ini.

Bayangkan saja, salah satu fosil gigi hiu megalodon yang ditemukan memiliki ukuran sebesar manusia. Jadi meski sudah 3,6 juta tahun hewan itu menghilang, hiu megalodon sudah diyakini sebagai hiu raksasa yang pernah mendominasi lautan.

Nah, baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan oleh seorang peneliti DePaul University di Chicago menyebutkan ada faktor yang diabaikan yang memengaruhi hiu megalodon bisa begitu besar.

Dalam penelitian yang dilaporkan ke jurnal Historical Biology pada 6 Maret lalu, para peneliti menganalisis data dari penelitian sebelumnya tentang ukuran dan lokasi megalodon. Mereka ingin melihat apakah ada korelasi antara seberapa besar hiu itu dan di mana sisa-sisa mereka ditemukan.

Ini Rahasia Mengapa Hiu Megalodon Bisa Berukuran Raksasa

Kenshu Shimada, Profesor Paleobiologi di DePaul University di Chicago, mengatakan penelitian yang telah mereka lakukan menemukan adanya korelasi antara ukuran mamalia laut dan beberapa ikan dan suhu air tempat mereka berenang. Hewan yang lebih besar sering ditemukan di bagian laut yang lebih dingin, dan kecil di daerah yang lebih hangat.

Temuan ini sejalan dengan prinsip yang disebut Aturan Bergmann dimana suhu lingkungan mempengaruhi ukuran tubuh hewan. Dari situ Kenshu Shimada kemudian ingin melihat apakah aturan ini berlaku untuk hiu megalodon juga.

"Sepengetahuan kami, aturan Bergmann tidak pernah secara eksplisit diakui untuk hiu hidup mana pun,” Kenshu Shimada menjelaskan. “Namun, kurangnya contoh modern tidak boleh dianggap sebagai bukti bahwa ide kami salah, terutama karena fakta bahwa tidak ada hiu modern yang sebanding dengan megalodon," tambahnya.