4 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Nomor 2 Unik Banget

Minggu, 20 Maret 2022 - 11:24 WIB
loading...
4 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Nomor 2 Unik Banget
Hewan hasil perwakinan silang biasanya terjadi pada dua hewan yang berbeda ras dalam spesies yang sama. Spesies mengacu pada sekelompok organisme yang memiliki banyak karakteristik yang sama. Foto/Ist/boredpanda
A A A
JAKARTA - Hewan hasil perwakinan silang biasanya terjadi pada dua hewan yang berbeda ras dalam spesies yang sama. Spesies mengacu pada sekelompok organisme yang memiliki banyak karakteristik yang sama, sehingga secara alami bisa terjadi perkawinan .

Kunci dari definisi ini adalah istilah spesies. Contoh spesies adalah spesies anjing, spesies kucing, spesies kuda, spesies simpanse, atau spesies lumba-lumba. Namun, ada juga perkawinan silang dengan bantuan campur tangan manusia.

Biasanya hewan kawin campur ini tidak muncul di alam dan tidak punya reproduksi yang subur. Namun, dengan kemajuan dalam rekayasa genetika dan kloning bisa saja semua berubah. Ada beberapa hewan unik hasil perkawinan silang, berikut daftarnya dikutip dari laman boredpanda.

1. Liger (Singa Jantan + Harimau Betina)
4 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Nomor 2 Unik Banget


Meskipun ada rumor tentang liger liar, namun sejauh ini hanya ada di penangkaran tepat mereka sengaja dikembangbiakan. Mereka tumbuh menjadi sangat besar dengan sangat cepat, dan merupakan kucing terbesar di dunia. Hercules, adalah liger adalah kucing hidup terbesar di Bumi, dengan berat lebih dari 410 kg.



2. Zebroid (Zebra + Kuda Lainnya)
4 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Nomor 2 Unik Banget


Charles Darwin adalah salah satu orang yang pertama menyebutkan zebroid, hewan yang sulit diatur dan sulit dijinakkan, dan lebih agresif daripada kuda. Zebroid adalah keturunan dari persilangan antara zebra dan kuda lain untuk membuat hibrida. Dalam kebanyakan kasus, pejantan adalah kuda zebra.

Keturunan dari pejantan keledai dan zebra disebut donkra dan keturunan pejantan kuda dan zebra yang disebut hebra memang ada, tetapi jarang dan biasanya mandul. Zebroid telah dibiakkan sejak abad ke-19. Charles Darwin mencatat beberapa hibrida zebra dalam karyanya.



3. Wholphin (Paus Pembunuh Jantan + Lumba-lumba Hidung Botol Betina)
4 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Nomor 2 Unik Banget


Paus pembunuh palsu sebenarnya berasal dari keluarga yang sama dengan lumba-lumba, tetapi mereka sangat langka. Hanya satu wholphin (portmanteau paus + lumba-lumba) yang ada di penangkaran. Wholphin adalah hibrida cetacea langka yang lahir dari perkawinan lumba-lumba hidung botol betina (Tursiops truncatus) dengan paus pembunuh palsu jantan (Pseudorca crassidens).

Namanya menyiratkan hibrida paus dan lumba-lumba, meskipun secara taksonomi, keduanya berada dalam keluarga "lumba-lumba laut", yang termasuk dalam subordo "paus bergigi". Wholphins telah lahir di penangkaran dan juga dilaporkan di alam liar.



4. Cama (Unta + Llama)
4 Hewan Hasil Perkawinan Silang, Nomor 2 Unik Banget


Cama adalah hibrida antara unta dromedaris jantan dan llama betina, dan telah diproduksi melalui inseminasi buatan di Pusat Reproduksi Unta di Dubai pada tahun 1998. Hewan ini diciptakan untuk bulu dan penggunaan sebagai alat transportasi membawa beban. Hanya 5 yang pernah dikembangbiakan.

Cama pertama lahir pada 14 Januari 1998. Tujuannya adalah untuk menciptakan hewan yang mampu menghasilkan wol lebih tinggi daripada llama, dengan ukuran dan kekuatan unta dan temperamen yang kooperatif.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)