Ilmuwan Akan Bangkitkan Kembali Burung Dodo dari Kematian

Selasa, 22 Maret 2022 - 12:06 WIB
Ilmuwan Akan Bangkitkan Kembali Burung Dodo dari Kematian
Ilmuwan mungkin berada di ambang terobosan yang mencengangkan setelah berhasil mengurutkan genom burung yang bisa menghidupkan kembali dodo dari kematian. Foto/dok
JAKARTA - Ilmuwan mungkin berada di ambang terobosan yang mencengangkan setelah berhasil mengurutkan genom burung yang mungkin bisa menghidupkan kembali dodo dari kematian. Seperti diketahui, burung Dodo yang hiudp di kepulauan Mauritius punah sejak tahun 1681 akibat diburu manusia.

Saat ini para ilmuwan siap untuk mempublikasikan DNA spesimen Dodo di Museum Sejarah Alam Kopenhagen, Belanda. Burung dodo kemungkinan berada di ambang kembalinya yang menakjubkan ke Bumi setelah hampir 400 tahun punah.

Prof Beth Shapiro, dari University of California, mengungkapkan bahwa DNA dari sebuah spesimen dodo akan segera diterbitkan.

" Genom dodo sepenuhnya telah diurutkan. Itu belum dipublikasikan, tetapi memang ada dan kami sedang mengerjakannya sekarang," katanya seperti dilansir Express, Selasa (22/3/2022).

Shapiro mengatakan, ilmuwan berusaha cukup lama untuk mengurutkan genom dodo yang sampel DNA-nya didapatkan dari spesimen yang ada di Oxford.

"Jadi kami memiliki kualitas yang sangat tinggi, cakupan tinggi dari genom dodo yang akan segera diterbitkan," katanya.

Untuk membuat burung dodo kembali hidup, Prof Shapiro mengatakan akan meniru teknik kloning yang dilakukan terhadap domba Dolly.

“Cara kita bisa melakukan ini adalah dengan mengkloningnya seperti membuat domba Dolly. Tapi kita belum tahu untuk dodo karena melakukannya dengan burung sedikit rumitnya mengingat jalur reproduksi mereka berbeda,” katanya.

Penampakan dodo terakhir yang dikonfirmasi adalah pada tahun 1662 setelah pelaut Belanda pertama kali melihat spesies. Meskipun dodo adalah burung, mereka tidak bisa terbang karena memiliki sayap yang kecil.

Sisa-sisa dodo terakhir yang diketahui disimpan di berbagai museum di seluruh dunia. Sebuah kaki dodo disimpan di British Museum sedangkan kepala dodo disimpan di Museum Kopenhagen.