4 Hewan yang Kawin Sekali Seumur Hidup dan Mati Setelahnya

Selasa, 22 Maret 2022 - 19:10 WIB
loading...
4 Hewan yang Kawin Sekali Seumur Hidup dan Mati Setelahnya
Lebah madu jantan kawin sekali seumur hidup. Foto/honeybeesuite
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hewan yang kawin sekali seumur hidup, kemudian mati setelahnya. Siklus hidup hewan-hewan tersebut berbeda dari sebagian besar hewan yang bisa kawin berulang kali dalam hidupnya.

Fenomena ini terjadi akibat berbagai faktor, mulai dari persaingan yang ketat dalam habitatnya hingga struktur fisiologis yang berbeda. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa hewan yang kawin sekali seumur hidup:

1. Lebah Madu Jantan
4 Hewan yang Kawin Sekali Seumur Hidup dan Mati Setelahnya


Lebah madu jantan kawin sekali seumur hidup. Lebah madu jantan harus bersaing dengan sesama jenisnya untuk bisa menarik perhatian ratu lebah.

Saat lebah madu jantan terpilih, dia akan menggenggam ratu lebah. Proses reproduksi lebah madu jantan terjadi di udara saat ratu lebah terbang mencari pasangannya.

Setelah proses pembuahan ujung endhophallus lebah jantan tertinggal di saluran reproduksi ratu lebah dan menyebabkan perut lebah madu jantan pecah. Setelah itu, lebah madu jantan pun akan jatuh ke tanah dan mati.



2. Salmon Pasifik
4 Hewan yang Kawin Sekali Seumur Hidup dan Mati Setelahnya


Siklus hidup salmon pasifik ditandai dengan satu sifat reproduksi penting bernama ‘semelparity’. Itu berarti ikan salmon pasifik hanya bertelur sekali saja dan mati.

Kondisi ini disebabkan perubahan hormon plasma, termasuk hormon reproduksi serta kortikosteroid yang berorientasi pada keberhasilan reproduksi. Hal tersebut akan berakibat pada penuaan yang cepat dan kerusakan fisiologis yang mengakibatkan kematian pada salmon pasifik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4170 seconds (0.1#10.140)