Lebih Aman dari Kondom, Pil KB Pria Siap Diuji Pada Manusia

Minggu, 27 Maret 2022 - 15:40 WIB
loading...
Lebih Aman dari Kondom, Pil KB Pria Siap Diuji Pada Manusia
Lebih aman dari Kondom. pil KB pria siap dites. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Para ilmuwan di Amerika Serikat (AS) mengembangkan pil pengontrol kehamilan untuk pria dengan tingkat efektivitas 99 persen tanpa efek samping dalam pengujian pada tikus laboratorium.

Seperti dilansir dari Euronews Minggu (27/3/2022), perkembangan tersebut membuat mereka siap untuk memulai pengujian pada manusia pada akhir tahun.



Temuan tersebut, terungkap pada pertemuan musim semi American Chemical Society, menandai langkah penting dalam upaya untuk memperluas pilihan kontrasepsi untuk pria dan lebih baik berbagi beban pengendalian kelahiran dengan wanita.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa, meskipun ada banyak pilihan bagi wanita untuk mengontrol siklus menstruasi, sejauh ini hanya ada dua pilihan efektif yang tersedia untuk mencegah kehamilan bagi pria yaitu kondom dan vasektomi.

Tetapi kondom hanya digunakan sekali, dan vasektomi tidak mudah dibalik, sehingga para peneliti bekerja untuk mengembangkan alat kontrasepsi pria yang efektif, tahan lama, dan dapat dibalikkan seperti pil KB untuk wanita.

Mahasiswa pascasarjana yang mempresentasikan penelitian pada pertemuan tersebut, Md Abdullah Al Noman, yang bekerja di laboratorium Profesor Gunda Georg di University of Minnesota, mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada pil semacam itu yang disetujui untuk digunakan.

Para ilmuwan telah mencoba selama beberapa dekade untuk mengembangkan kontrasepsi oral pria yang efektif, tetapi masih belum ada pil yang disetujui di pasaran.

Sebagian besar penelitian (pil untuk pria) yang sedang menjalani uji klinis menargetkan hormon seks pria testosteron, yang dapat menyebabkan efek samping seperti penambahan berat badan, depresi dan peningkatan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (dikenal sebagai LDL)
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2518 seconds (0.1#10.140)