Ini 3 Negara Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia

Selasa, 29 Maret 2022 - 12:28 WIB
loading...
Ini 3 Negara Penghasil Gas Alam Terbesar di Dunia
Gas alam merupakan salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan di dunia. Foto/energycapitalpower
A A A
JAKARTA - Gas alam merupakan salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan di dunia. Menurut Pertamina Gas, gas alam adalah sumber energi yang dihasilkan dari fosil hewan, tanaman, atau mikroorganisme yang telah tersimpan jutaan tahun di bawah tanah.

Pada tahun 2019 total produksi gas alam di dunia mencapai angka 4 triliun meter kubik. Dengan angka tersebut beberapa negara di dunia tercatat sebagai penghasil atau produsen gas alam terbesar yang menyumbang sebagian besar kebutuhan gas alam dunia.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa negara penghasil gas alam terbesar di dunia:

1. Amerika Serikat
Negara penghasil gas alam terbesar yang pertama adalah Amerika Serikat. Pada tahun 2019, Amerika Serikat menghasilkan sekitar 23 persen dari pasokan gas alam dunia dengan angka sekitar 921 miliar meter kubik.

Setelah itu, pada tahun 2020, AS menjadi produsen gas alam terbesar di dunia mengalahkan Rusia dengan produksi sekitar 948 miliar meter kubik, meningkat dari hasil gas alam tahun sebelumnya. Texas dan Pennsylvania menjadi negara bagian AS dengan produksi gas alam paling banyak.

Mayoritas gas alam di AS didapatkan melalui pengeboran horizontal dan teknik rekahan hidrolik atau fracking serpih. Peningkatan produksi gas alam Amerika Serikat disebabkan kemajuan teknologi rekahan hidrolik dan pengeboran horizontal.

Perkembangan tersebut meningkatkan cadangan gas alam AS yang naik secara signifikan. Pada tahun 2019, tercatat Amerika Serikat memiliki total hampir 25,4 triliun kaki kubik gas serpih.

2. Rusia
Negara penghasil gas alam terbesar yang berikutnya adalah Rusia. Pada tahun 2019, Rusia menghasilkan sekitar 17 persen pasokan gas alam dunia dengan angka sekitar 679 miliar meter kubik. Angka tersebut meningkat pada tahun 2020 ketika produksi gas alam Rusia mencapai 693 miliar meter kubik.

Salah satu perusahaan Rusia, Gazprom menjadi perusahaan produsen gas alam terbesar di dunia dengan menghasilkan sekitar 12 persen dari pasokan gas alam dunia serta 68 persen produksi gas alam domestik Rusia.

Dilansir NS Energy, Rusia juga menjadi negara dengan cadangan bahan bakar terbesar di dunia dengan perkiraan angka mencapai 38 tcm, sebagian besarnya terletak di Siberia.

3. Iran
Negara penghasil gas alam terbesar yang selanjutnya adalah Iran. Iran menghasilkan sekitar 6 persen dari pasokan gas alam dunia pada tahun 2019 dengan angka sekitar 244 miliar meter kubik. Setelah itu pada tahun 2020, produksi gas alam Iran mengalami kenaikan dan menjadi sekitar 253,8 miliar meter kubik.

Walaupun angkanya tidak sebesar Amerika Serikat dan Rusia, namun Iran memiliki potensi untuk terus meningkatkan jumlah produksi gas alamnya, karena memiliki cadangan gas alam terbesar kedua di dunia dengan perkiraan mencapai angka 32 tcm.

Sebagian besar cadangan gas alam tersebut terletak di lepas pantai North Field bersama dengan Qatar yang menjadi bagian dari ladang gas alam terbesar di dunia. Selain ketiga negara tersebut, ada beberapa negara lain yang masuk ke dalam jajaran penghasil gas alam terbesar di dunia seperti Qatar, China, hingga Kanada.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)