Penemuan 65 Guci Raksasa di Hutan Misterius Bikin India Geger

Jum'at, 01 April 2022 - 07:00 WIB
loading...
Penemuan 65 Guci Raksasa di Hutan Misterius Bikin India Geger
Guci-guci raksasa yang ditemukan di hutan Assam, India diyakini tempat penyimpanan jenazah.Foto/BBC
A A A
INDIA - Sebanyak 65 guci raksasa di hutan yang penuh dengan barang-barang misterius bikin India geger. Puluhan guci-guci raksasa itu ditemukan di sebuah hutan di wilayah Assam, India.

Setiap guci raksasa hadir dalam ukuran dan bentuk yang berbeda. Ada yang desainnya meninggi dan silindris, ada juga yang benar-benar terbenam dalam tanah.

Disebutkan BBC, guci-guci raksasa itu memiliki kesamaan dengan guci-guci yang ditemukan di Laos dan Indonesia.

Penemuan yang melibatkan peneliti dari tiga universitas di India dan Australia diterbitkan dalam jurnal Journal of Asian Archaeology minggu ini. Penelitian ini dipimpin oleh Tilok Thakuria dari North-Eastern Hill University dan Uttam Bathari dari Gauhati University.



Penemuan 65 Guci Raksasa di Hutan Misterius Bikin India Geger


"Kami masih belum tahu siapa yang membuat guci raksasa atau di mana mereka tinggal. Ini semua sedikit misteri", kata Nicholas Skopal, seorang peneliti di Australian National University yang ikut ambil bagian dalam penelitian itu.

Meskipun masih belum jelas untuk apa guci raksasa itu digunakan, para peneliti percaya mereka guci-guci raksasa itu digunakan untuk menguburkan jenazah.

"Ada beberapa cerita dari masyarakat Naga (masyarakat etnik di India) yang mengaku juga menemukan guci-guci di hutan yang sama dan berisi sisa-sisa kremasi, manik-manik dan artefak material lainnya," kata Nicholas Skopal.



Sementara Tilok Thakuria mengatakan kepada BBC saat ini guci-guci itu dalam kekadaan kosong. Mereka meyakini guci-guci raksasa itu justru tidak pernah ditutup.

Para peneliti mengatakan mereka telah mencari di daerah yang sangat terbatas di Assam. Mereka merasa perlu menyelamatkan guci-guci raksasa lainnya mengingat saat ini kegiataan pembukaan hutan sudah semakin marak di wilayah Assam. "Kemungkinan ada lebih banyak situs semacam itu di luar sana. Kami hanya belum tahu di mana mereka berada," jelas Tilok Thakuria.

Sebelumnya penemuan guci raksasa yang sedikit mirip dengan di India juga ditemukan di Laos pada 2016. Para peneliti kemudian menemukan tiga jenis isi yang berbeda di guci-guci Laos itu. "Terdapat tulang ditempatkan di lubang dengan balok batu kapur besar di atasnya, tulang yang dikubur dalam wadah keramik, dan satu tubuh di kuburan," tulis BBC.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)