Jadi Sorotan Dunia, Rosa Lahirkan Bayi Badak Sumatera Langka di Way Kambas

Sabtu, 02 April 2022 - 10:07 WIB
loading...
Jadi Sorotan Dunia, Rosa Lahirkan Bayi Badak Sumatera Langka di Way Kambas
Seekor bayi badak langka terlahir di Suaka Badak Sumatera di Taman Nasional Way Kambas, Indonesia, pekan lalu. Foto/KLHK
A A A
JAKARTA - Seekor bayi badak langka terlahir di Suaka Badak Sumatera di Taman Nasional Way Kambas, Indonesia, pekan lalu. Bayi badak yang dilahirkan dari induk betina bernama Rosa ini menggenapi jumlah badak di lokasi tersebut menjadi delapan ekor.

Menurut laporan Save The Rhino, saat ini diperkirakan jumlah badak Sumatera atau Dicerorhinus sumatrensis di alam liar hanya sekitar 80 ekor.

Dilansir IFL Science, Sabtu (2/4/2022), anak badak yang terlahir dari induk betina yang dinamakan Rosa pada 24 Maret 2022. Anak Rosa ini bergabung bersama badak betina Bina, Ratu, dan Delilah serta badak jantan Andalas, Harapan, dan Andatu.

BACA : Tolong Dijaga, Dua Anak Badak Jawa Terlihat di TN Ujung Kulon

Proses persalinannya sendiri memakan waktu sekitar tiga jam, namun tim sudah berada di Suaka Badak Sumatera untuk mengawasi kesehatan induk dan bayinya hingga selesai.

Sepanjang kehamilannya, Rosa menerima bantuan tambahan berupa hormon peningkat janin, pemindaian ultrasound rutin, dan pemantauan dalam upaya mendapatkan hasil terbaik untuk kehamilan istimewanya.

Rosa pertama kali datang ke cagar alam pada tahun 2004 setelah secara teratur terlihat berkeliaran di dekat jalan, kebun, dan desa di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Jadi Sorotan Dunia, Rosa Lahirkan Bayi Badak Sumatera Langka di Way Kambas


Kurangnya rasa takut di sekitar manusia dan lalu lintas membuatnya berisiko cedera dan sakit. Jadi, Rosa dipindahkan ke Suaka Badak Sumatera di Way Kambas.

Kedekatannya dengan manusia membuat organ reproduksinya tidak sempurna. Pergi begitu lama tanpa kawin telah menyebabkan dia mengembangkan fibroid rahim, yang dapat menimbulkan komplikasi kesuburan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1207 seconds (10.101#12.26)