Ini Senjata Nuklir Terbaru AS, Rudal Balistik Sentinel Berhulu Ledak 300 Kiloton TNT

Rabu, 06 April 2022 - 22:52 WIB
loading...
Ini Senjata Nuklir Terbaru AS, Rudal Balistik Sentinel Berhulu Ledak 300 Kiloton TNT
Amerika Serikat (AS) memperkenalkan salah satu senjata nuklir terbarunya yaitu LGM-35A Sentinel. Foto/Autoevolution
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memperkenalkan salah satu senjata nuklir terbarunya yaitu LGM-35A Sentinel. Rudal balistik antarbenua atau intercontinental ballistic missile (ICBM) Sentinel mampu membawa hulu ledak nuklir setara 300 kiloton TNT.

Rudal balistik Sentinel bersama pengebom B-52 Stratofortress dan B-21 Raider yang sedang dibangun, serta beberapa kapal selam nuklir, bersama dengan silo peluncuran rudal balistik antarbenua, semuanya membentuk triad nuklir AS. Rudal Balistik Sentinel segera menggantikan pendahulunya ICBM Minuteman yang sudah berusia 50 tahun.

“Sentinel adalah ICBM generasi berikutnya yang kami butuhkan. Sistem ini akan menjadi pencegah yang sangat tangguh dan mampu membawa stabilitas global bagi kami dan sekutu selama beberapa dekade mendatang,” kata Jenderal Anthony Cotton, komandan, Komando Serangan Global Angkatan Udara Amerika Serikat dikutip SINDOnews dari laman airforce (af.mil), Rabu (6/4/2022).



Sentinel tidak hanya akan menjadi rudal baru tetapi juga sistem peluncuran, penerbangan, dan infrastruktur yang terintegrasi penuh dengan fitur komando dan kontrol modern. Pangkalan rudal ditempatkan di Pangkalan Angkatan Udara FE Warren, Wyoming, Malmstrom AFB, Montana, dan Minot AFB, North Dakota.

AS menginvestasikan hampir USD 100 miliar untuk mempersenjatai diri dengan rudal balistik nuklir antarbenua LGM-35A Sentinel. Dikutip dari BulgarianMilitary.com pengembangan rudal balistik antarbenua dibangun perusahaan pertahanan Amerika Northrop Grumman menerima kontrak senilai USD13,3 miliar pada September 2022.
Ini Senjata Nuklir Terbaru AS, Rudal Balistik Sentinel Berhulu Ledak 300 Kiloton TNT


Ada banyak spekulasi tentang kemampuan nuklir dan penangkal ICBM LGM-35A Sentinel. Informasi yang beredar, meskipun belum dikonfirmasi secara resmi, rudal balistik antarbenua nuklir baru akan membawa hulu ledak nuklir yang setara dengan setidaknya 300 kiloton TNT. Ini adalah hulu ledak termonuklir W87 mod 0 [setara 300 kiloton TNT] dan hulu ledak termonuklir W87 mod 1 [belum diketahui kekuatan hulu ledaknya].



Saat ini diasumsikan bahwa rudal akan dikirim ke target yang ditentukan dengan dua cara. Pertama diluncurkan melalui udara dan diluncurkan dari silo rudal berbasis darat. Kemungkinan besar, roket ditenagai oleh mesin roket berbahan bakar padat tiga tahap.

Sistem navigasi akan dibangun dengan GPS dan sistem navigasi astro-inersia. Ini berarti bahwa selain penentuan posisi dan penargetan satelit, rudal antarbenua akan menerima akselerometer dan giroskop. Ini memungkinkan rudal mengukur setiap bidang dan arah, kecepatan, pada penghitungan jarak yang tepat ke target, dan konversi jarak dan arah, jarak dan azimuth ke tujuan.
Ini Senjata Nuklir Terbaru AS, Rudal Balistik Sentinel Berhulu Ledak 300 Kiloton TNT


Pengujian Ground Based Strategic Deterrent (GBSD) akan dilakukan di Pangkalan Angkatan Udara Hill, Utah, dan di Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg [VSFB], California, dengan peluncuran rudal dari VSFB di atas Samudra Pasifik. Pengujian tambahan akan dilakukan di US. Army Dugway Proving Ground, Utah, US Army Garrison – Kwajalein Atoll, dan di dalam wilayah perairan Republik Kepulauan Marshall.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)