Ini 5 Senjata Mematikan Rusia yang Bisa Akhiri Perang di Ukraina

Sabtu, 09 April 2022 - 09:12 WIB
loading...
Ini 5 Senjata Mematikan Rusia yang Bisa Akhiri Perang di Ukraina
RS-24 Yars adalah rudal balistik antarbenua yang dapat diluncurkan di jalan raya atau dari silo nuklir Rusia. Foto/dok
A A A
LONDON - Saat ini invasi Rusia ke Ukraina tidak berjalan sebaik yang diinginkan Vladimir Putin. Apa yang diharapkan menjadi kemenangan cepat kini telah berlanjut ke hari ke-42 konflik, ketika pasukan Ukraina terus menyerang balik pasukan Rusia.

Menurut laporan, pasukan Ukraina telah melawan dan mendapatkan kembali kendali di kota Makariv, sebelah barat Kyiv. Otoritas setempat di sana mengatakan bendera Ukraina terlihat berkibar di kota itu sekali lagi.

Menurut juru bicara pertahanan AS, Ukraina juga membalikkan momentum Rusia di beberapa daerah di selatan negara itu.

Ketika perang terus berlanjut untuk Rusia, Putin dapat melepaskan sejumlah senjata penghancur yang berbeda untuk memecahkan kebuntuan di Ukraina.



Berikut 5 senjata mematikan Rusia yang dikutip dari Express.co.uk:

1. Torpedo Nuklir Poseidon

Ini 5 Senjata Mematikan Rusia yang Bisa Akhiri Perang di Ukraina


Rusia diyakini memiliki superweapon nuklir yang dapat menghancurkan kota-kota dalam hitungan menit. Senjata kiamat Putin ini dirancang untuk menghancurkan pangkalan angkatan laut dan berpotensi menenggelamkan Ukraina seketika di bawah tsunami setinggi 330 kaki.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa kehancuran seperti itu dapat dicapai dengan meledakkan hulu ledak nuklir di bawah air, dekat pantai laut. Diungkapkan oleh Putin pada tahun 2018, Poseidon adalah drone siluman tak berawak di bawah air yang mampu meluncurkan muatan nuklir.

2. Sistem Pertahanan Rudal Triumf S-400

Ini 5 Senjata Mematikan Rusia yang Bisa Akhiri Perang di Ukraina


Ini adalah sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) mobile buatan Rusia yang mampu menyerang pesawat, UAV, dan rudal jelajah hingga jarak 250 mil. Dikerahkan di Rusia sejak 2007, setiap baterai S-400 memiliki delapan peluncur dan 32 rudal.



Rusia telah mengirimkan sistem pertahanan canggih tersebut ke Turki, China, India dan Suriah yang dinilai sebagai negara sahabat. Rusia juga sedang berusaha meingkatkan sistem S-400 generasi berikutnya tahun ini.

3. Sistem Pertahanan Udara Pantsir S-1

Ini 5 Senjata Mematikan Rusia yang Bisa Akhiri Perang di Ukraina


Ini adalah sistem pertahanan lain yang dapat digunakan Putin melawan Ukraina dan dapat menargetkan rudal dan pesawat musuh.

Pantsir S-1 menyebarkan 12 rudal permukaan-ke-udara dan dua meriam 30mm untuk memberikan pertahanan udara titik instalasi militer, industri dan administrasi terhadap pesawat, helikopter, amunisi presisi, rudal jelajah dan UAV.

Pantsir sebelumnya digunakan di Ukraina selama konflik di wilayah Donbas dan juga dalam perang saudara Suriah dan Libya.

4. Helikopter Serang Superhunter Mil Mi-28NM

Ini 5 Senjata Mematikan Rusia yang Bisa Akhiri Perang di Ukraina


Pesawat Rusia ini mirip dengan helikopter serang Apache AH-64 buatan AS yang terkenal. Dijuluki oleh NATO sebagai "malapetaka", helikopter ini dipersenjatai dengan meriam 30mm, rudal anti-tank Ataka, dan roket.



Pasukan Rusia telah mengerahkan helikopter serang ini dalam invasi ke Ukraina. Namun Ukraina dilaporkan berhasil menembak jatuh salah satu helikopter tersebut menggunakan sistem Starstreak buatan Inggris.

5. Rudal Balistik RS-24 Yars

Ini 5 Senjata Mematikan Rusia yang Bisa Akhiri Perang di Ukraina


RS-24 Yars adalah rudal balistik antarbenua yang dapat diluncurkan di jalan raya atau dari silo nuklir.

Rudal-rudal ini dapat diluncurkan dengan sangat cepat, hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk mempersiapkan peluncurannya.

Rudal itu juga dapat dilengkapi dengan kendaraan masuk kembali hipersonik Avangard yang akan membuatnya sangat cepat dan mudah dimobilisasi.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)