Uniknya Laguna 2 Warna di Kota Pelabuhan Torrevieja Spanyol

Minggu, 10 April 2022 - 15:58 WIB
loading...
Uniknya Laguna 2 Warna di Kota Pelabuhan Torrevieja Spanyol
Kota Torrevieja mempunyai dua laguna yang unik karena memiliki warna merah muda dan hijau, kontras dengan perairan pelabuhan yang biru. Foto/earthobservatory.nasa
A A A
TORREVIEJA - Torrevieja merupakan sebuah kota pelabuhan di Spanyol , terletak di bagian tenggara Provinsi Alicante. Kota Torrevieja mempunyai dua laguna yang unik karena memiliki warna merah muda dan hijau, kontras dengan perairan pelabuhan yang biru.

Dalam foto yang diambil oleh seorang astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), birunya Laut Mediterania kontras dengan warna merah muda dan hijau dari laguna La Mata dan Torrevieja. Pantulan sinar matahari selanjutnya mengubah penampilan warna ketiga badan air menjadi pemandangan yang unik.

Laguna adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Keberadaan kedua laguna itu, yaitu Laguna La Mata dan Laguna Torrevieja di sekitar perairan kota pelabuhan Torrevieja, tampak seperti sumur dalam palet cat air dengan warna berbeda dalam satu lingkungan perairan.



Laguna Torrevieja yang berukuran lebih besar adalah hypersaline berwarna merah muda yang berasal dari ganggang yang menyukai garam seperti Dunaliella salina. Mikroorganisme ini yang ditemukan di cekungan air asin di seluruh dunia.

Laguna La Mata yang lebih kecil, memiliki lebih sedikit garam karena limpasan air tawar dari pegunungan terdekat. Sebuah pabrik garam terletak di tepi tenggara Laguna Torrevieja. Laguna ini menghasilkan ratusan ton garam setiap tahun dan menggerakan perekonomian masyarakat lokal selama berabad-abad.

Di sepanjang perbatasan selatan laguna, cagar alam menyediakan perlindungan bagi burung migran dan burung asli, termasuk Greater Flamingo, Gannet Utara, dan Spanish Sparrow. Udang air asin hidup di laguna dan merupakan sumber makanan bagi burung. Cagar alam ini adalah situs Ramsar, yang diakui secara internasional sebagai kawasan konservasi lahan basah.



Foto Laguna Torreveija diabadikan astronot ISS065-E-93005 pada 7 Juni 2021, dengan kamera digital Nikon D5 menggunakan panjang fokus 1150 milimeter. Gambar ini disediakan oleh ISS Crew Earth Observations Facility dan Earth Science and Remote Sensing Unit, Johnson Space Center.

Program Stasiun Luar Angkasa Internasional mendukung laboratorium sebagai bagian dari Lab Nasional ISS untuk membantu para astronot mengambil gambar Bumi. Foto ini akan menjadi data bernilai besar bagi para ilmuwan dan publik, dan untuk membuat gambar-gambar itu tersedia secara bebas di Internet.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)