Ini 5 Hewan Tercepat di Laut, Nomor Terakhir Nyaris Secepat MotoGP

Selasa, 12 April 2022 - 19:09 WIB
loading...
Ini 5 Hewan Tercepat di Laut, Nomor Terakhir Nyaris Secepat MotoGP
Hewan tercepat di laut tercatat dimiliki oleh ikan black marlin yang kecepatannya nyaris menyamai kecepatan sepeda motor yang berlaga di MotoGP. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Hewan tercepat di laut tercatat dimiliki oleh ikan black marlin yang menjadi incaran para pemancing di laut. Asal tahu saja, kecepatan berenang ikan ini nyaris menyamai kecepatan sepeda motor yang berlaga di MotoGP yang rata-rata mencapai 160-185 kilometer per jam.

Siapa pun yang berenang pastinya lebih sulit bergerak daripada yang di udara, ini karena air lebih padat daripada udara. Makanya amat sulit bagi mereka berenang dengan kecepatan maksimal karena ada tekanan molekul air dalam pergerakannya.

Kondisi ini makin sulit ketika berenang di laut karena massa air laut lebih padat daripada air tawar. Diperlukan bentuk tubuh yang simetris untuk memiliki kecepatan tinggi dalam berenang di laut.

BACA: Ikan Aneh Berkepala Transparan Ditemukan di Monterey Bay

Bentuk tubuh yang ramping atau menyerupai torpedo akan mengurangi jumlah gesekan yang disebabkan oleh bergerak melalui air asin dan cenderung membuat hewan-hewan ini cepat. Berikut 5 hewan tercepat di laut yang dikutip dari A-Z Animal:

1. Paus Pilot

Ini 5 Hewan Tercepat di Laut, Nomor Terakhir Nyaris Secepat MotoGP


Seperti paus pembunuh, paus pilot sebenarnya adalah lumba-lumba besar dan dapat mencapai kecepatan 75,6 kilometer per jam. Disebut juga ikan hitam, hewan ini sangat cerdas dan juga cepat.

Saat ini habitat ikan paus pilot kurang diperhatikan dan mulai berkurang keberadaannya karena terlalu sering ditangkap untuk dijual.

Ini adalah hewan berwarna coklat tua, abu-abu gelap, atau hitam yang dapat memiliki bercak abu-abu tepat di belakang sirip punggungnya yang kecil. Ia juga mudah dikenali karena kepalanya yang besar dan bulat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2302 seconds (10.101#12.26)