Astronot SpaceX Crew-3 NASA Siap Kembali ke Bumi

Sabtu, 16 April 2022 - 14:12 WIB
loading...
Astronot SpaceX Crew-3 NASA Siap Kembali ke Bumi
Para astronot SpaceX Crew-3 NASA Raja Chari, Tom Marshburn, dan Kayla Barron serta astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) Matthias Maurer siap kembali ke Bumi. Foto/NASATV/Space.com
A A A
FLORIDA - Setelah berbulan-bulan tinggal dan bekerja di luar angkasa, para astronot SpaceX Crew-3 NASA mendekati akhir misi dan siap untuk kembali ke Bumi. Mereka adalah astronot NASA Raja Chari, Tom Marshburn, dan Kayla Barron serta astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) Matthias Maurer.

Keempatnya diluncurkan dengan misi SpaceX Crew-3 pada 10 November 2021 dan sekarang misi mereka di Stasiun Luar Angkasa Internasional mendekati akhir. Seperti yang dikatakan kru saat konferensi pers yang diadakan Jumat (15 April), mereka memiliki misi yang luar biasa tetapi bersemangat untuk pulang.

"Merupakan kehormatan besar untuk tinggal dan bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional," kata Marshburn, satu-satunya astronot veteran kru, dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Sabtu (16/4/2022).



Para kru akan kembali ke Bumi akhir bulan ini, beberapa saat setelah misi Crew-4 SpaceX berikutnya ke stasiun tiba dan mereka menyerahkan stasiun tersebut kepada kru yang baru datang. Dengan peluncuran Crew-4 yang ditunda hingga 23 April, tanggal pasti untuk kembalinya Crew-3 belum ditetapkan. Tapi itu akan segera dilakukan, dan para astronot bersemangat.

"Saya pikir kita semua sangat menantikan untuk melihat orang yang kita cintai, keluarga dan teman-teman kita di lapangan yang sangat berperan dalam mendukung kita sepanjang hidup kita dan membawa kita ke titik ini," kata Barron.

"Saya tidak sabar untuk melihat istri dan anak-anak saya. Saya merinding hanya memikirkan momen untuk melihat mereka," kata Marshburn. Dia juga menantikan "mandi air panas," tambahnya sambil tersenyum.


Astronot SpaceX Crew-3 NASA Siap Kembali ke Bumi


Para kru berbagi detail menyenangkan dari perjalanan mereka melalui luar angkasa, termasuk kumis Chari, yang menurutnya tumbuh saat berada di luar angkasa sebagai bagian dari tradisi Angkatan Udara. Chari, yang memimpin Crew-3, mengatakan bahwa tampilan itu biasanya dicadangkan untuk bulan Maret tetapi dia tidak dapat menumbuhkannya saat itu karena spacewalks.

Para kru juga mengungkapkan beberapa pekerjaan yang telah mereka lakukan selama di atas kapal. Maurer menunjuk secara khusus dampak penelitian yang dilakukan di stasiun terhadap pemahaman kita tentang perubahan iklim, termasuk percobaan baru-baru ini yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dioksida dalam proses produksi beton.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4662 seconds (0.1#10.140)