Sumpit Ajaib Jepang Bisa Ciptakan Rasa Asin di Hidangan Tanpa Garam

Minggu, 17 April 2022 - 23:15 WIB
loading...
Sumpit Ajaib Jepang Bisa Ciptakan Rasa Asin di Hidangan Tanpa Garam
Sumpit ajaib ini dikembangkan oleh perusahaan makanan Jepang dengan para peneliti. Foto/dok
A A A
TOKYO - Setelah muncul kacamata VR yang mampu menipu mata untuk melihat dunia 3D yang maya, kini hadir sumpit yang mampu menipu lidah untuk merasakan asin di hidangan yang rendah sodium.

Sumpit "ajaib" ini dikembangkan oleh perusahaan makanan Jepang bernama Kirin, dengan bekerja sama dengan para peneliti dari Laboratorium Yoshinori Miyashita dari Departemen Ilmu Media Lanjutan, Universitas Meiji.

Seperti dilansir dari Gizmodo, Minggu (17/4/2022), sumpit dibuat sebagai bagian dari upaya Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang untuk mengurangi asupan garam harian orang Jepang yang tinggi.



Tujuannya utamanya adalah untuk mengurangi 20% jumlah konsumsi garam tanpa mengurangi rasa asin dalam hidangan. Di situlah sumpit ini masuk, untuk merekayasa agar bisa memberikan rasa pada makanan yang diinginkan.

Sumpit buatan Kirin dan Meiji Univesity ini meniru lidah lewat sebuah logam yang diletakan dibagian ujungnya. Logam tersebut mengalirkan arus listrik dalam jumlah tertentu hingga mempengaruhi ion dalam natrium klorida dan monosodium glutamat.

Hasilnya, lidah akan mendeteksi rasa asin. Uji coba mencatat bahwa arus listrik yang dialirkan dapat meningkatkan rasa asin hingga hampir 1,5 kali lipat. Rasa asin yang dirasakan bisa sama dengan hidangan yang menggunakan 30% garam.



Sekilas memang cukup mengerikan jika harus menjilat logam dengan arus listrik . Namun nyatanya tingkat arus listrik yang digunakan di sini bahkan hampir tidak dapat dideteksi, dan ini sudah dilakukan oleh banyak relawan dan terbukti efektif.

Untuk diketahui, menghadirkan alat makan dengan arus listrik untuk menciptakan rasa asin sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan oleh Jepang. Pada tahun 2016 lalu Jepang pernah menggunakan konsep serupa pada garpu.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)