Ilmuwan Prediksi Ratusan Spesies Kaktus Terancam Punah

Rabu, 20 April 2022 - 07:26 WIB
Ilmuwan Prediksi Ratusan Spesies Kaktus Terancam Punah
Tanaman Kaktus diprediksi akan punah karena perubahan iklim. FOTO/ IST
LIMA - Penelitian terbaru yang dilakukan eneliti yang berafiliasi dengan banyak entitas di AS dan Inggris menyebut sejumlah spesies kaktus yang berisiko punah akibat perubahan iklim.

Penelitian tersebut diterbitkan ke dalam jurnal Nature Plants, kelompok tersebut membandingkan ekosistem 408 spesies kaktus saat ini dengan perubahan yang diperkirakan terjadi pada ekosistem akibat perubahan iklim untuk memprediksi kemampuan mereka bertahan hidup.

Seperti dilansir dari Mirror, para peneliti menemukan bahwa tanaman yang kuat yang mampu bertahan dalam kondisi panas dan kering sedang berhadapan dengan bencana kepunahan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kemungkinan nasib mereka, para peneliti memilih 408 spesies kaktus untuk dipelajari, dengan melihat secara khusus ekosistem masing-masing dan kepekaan mereka terhadap perubahan.

Mereka juga menemukan bahwa sekitar 60% spesies yang mereka pelajari kemungkinan akan mengalami penurunan abad ini, dan sekitar 40% kemungkinan akan melihat apa yang mereka gambarkan sebagai "penurunan signifikan".

Mereka juga mencatat bahwa wilayah yang tampaknya paling berisiko kehilangan spesies kaktus adalah yang paling banyak kehilangan jumlah spesies terbesar dan keanekaragaman tertinggi, adalah Florida, sebagian Brazil dan Meksiko.