Ilmuwan Dunia Desak Ahli Virologi Ceko Masuk ke Labotarium Wuhan

Jum'at, 24 April 2020 - 21:55 WIB
loading...
Ilmuwan Dunia Desak Ahli Virologi Ceko Masuk ke Labotarium  Wuhan
Dr. Sona Pekova. FOTO/ DOK Youtube
A A A
TILIA - Perdebatan soal virus Corona COVID-19 berasal dari sebuah labotarium di Wuhan menarik perhatian Seorang ahli virologi Ceko. Dr. Sona Pekova, seorang wanita ahli virologi di Laboratorium Tilia di Republik Ceko, meminta China mengizinkan dirinya masuk ke lab di wuhan.

Laboratorium Dr. Sona Pekova mengembangkan cara baru untuk menguji virus tersebut, tetapi Kementerian Kesehatan Republik Ceko melarangnya melakukan uji itu dan mengeluarkan peraturan yang akan memakan waktu hingga satu tahun untuk memenuhi keinginan pihak laboratorium.

Publik dan ilmuwan dunia menggalang dukungan setelah pemerintah Ceko menghadang uji baru Dr. Sona Pekova; para pejabat Ceko akhirnya mengalah.

Perselisihan itu diangkat oleh media Ceko dan sebuah petisi online yang meminta laboratorium itu untuk mencakup upaya pengujian dengan cepat mengumpulkan lebih dari 50.000 tanda tangan. Dalam waktu kurang dari dua minggu, Kementerian Kesehatan Republik Ceko melonggarkan peraturan itu dan mengizinkan laboratorium untuk melakukan uji.

Tim Dr. Sona Pekova fokus pada penyederhanaan uji untuk membuat uji yang lebih cepat dan lebih murah. Tim tersebut mencari bagian urutan genetik virus itu yang menjadi unik untuk uji itu, dan uji itu harus disesuaikan untuk hanya mencari urutan yang spesifik.

Dr. Sona Pekova memang menemukan satu bagian genom virus, yang membawanya tidak hanya ke pengembangan uji, tetapi juga dengan hipotesis bahwa virus itu dibuat di sebuah laboratorium.

“Saya fokus pada bidang pengaturan virus (5′ UTR) — 265 basa pertama dari genom virus (bahkan sebelum gen struktural) dan urutan pengatur ini demikian unik sehingga saya tidak dapat membayangkan cara alami asal virus tersebut,” kata Dr. Sona Pekova kepada The Epoch Times Republik Ceko melalui email.

Sebelumnya, foto-foto dari laboratorium Wuhan menunjukkan segel yang rusak di labotarium yang berisi 1.500 jenis virus - termasuk virus corona kelelawar yang terhubung dengan pandemi.

Gambar mengejutkan dari kota tempat virus itu menyebar diterbitkan oleh China Daily milik negara di Twitter bulan lalu sebelum dihapus dengan cepat.

Mereka telah dirilis pertama kali pada tahun 2018 sebelum muncul kembali dan menyebabkan kekhawatiran tentang bagaimana virus itu menyebar di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)