5 Buah Hasil Persilangan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Selasa, 26 April 2022 - 15:49 WIB
loading...
5 Buah Hasil Persilangan yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Buah hibrida ini merupakan persilangan antara dua varietas buah yang berbeda dengan tujuan menciptakan sebuah varietas baru. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Buah hasil persilangan merupakan salah satu bukti bahwa ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Dalam hal ini, banyak para peneliti yang mencoba untuk menciptakan penemuan baru, salah satunya dalam bidang buah hibrida .

Buah hibrida ini merupakan persilangan antara dua varietas buah yang berbeda dengan tujuan menciptakan sebuah varietas baru. Buah apa sajakah yang termasuk? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Pineberry
5 Buah Hasil Persilangan yang Jarang Diketahui Banyak Orang


Buah ini merupakan hasil persilangan dari stroberi putih Eropa Selatan dan stroberi merah. Secara tampilan, Pineberry mungkin tampak seperti stroberi berwarna putih dengan taburan biji merah. Uniknya adalah persilangan kedua stroberi tersebut menghasilkan rasa seperti nanas.

Pineberry memiliki ukuran yang lebih kecil dari stroberi biasa. Yaitu antara 15-23 mm. Musim panennya adalah saat musim semi dan musim panas. Buah persilangan ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan pada tahun 2002.

Selain itu, pemberian nama ‘Pineberry’ ini dilakukan untuk pasar Inggris di tahun 2010 untuk menggambarkan buah stroberi yang memiliki rasa nanas. Pineberry pertama kali dijual secara komersial di AS pada tahun 2012.



2. Rangpur
5 Buah Hasil Persilangan yang Jarang Diketahui Banyak Orang


Rangpur merupakan buah hasil persilangan dari citron dan jeruk mandarin. Buah ini memiliki kulit seperti jeruk, namun rasanya sangat asam dan sering dijadikan pengganti jeruk nipis.

Rangpur atau citrus x limonia ini pertama kali diperkenalkan di Florida pada akhir abad ke-19 oleh Reasoner Brothers of Oneco yang memperoleh benihnya dari India barat laut. Meski kerap disebut sebagai hibrida dari lemon, namun analisis genomik telah menunjukan buah ini sebagai persilangan citron betina dan jeruk mandarin jantan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)