Astronot Crew-4 SpaceX Tiba di ISS, Kapsul Dragon Freedom Tempuh Perjalanan Tercepat

Kamis, 28 April 2022 - 12:32 WIB
loading...
Astronot Crew-4 SpaceX Tiba di ISS, Kapsul Dragon Freedom Tempuh Perjalanan Tercepat
Empat astronot misi SpaceXs Crew-4 untuk NASA disambut rekan-rekannya dari Crew-3 setelah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 27 April 2022. Foto/NASA TV/Space.com
A A A
FLORIDA - Astronot Crew-4 SpaceX tiba Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada 28 April 2022 pukul 0115 GMT. Kapsul Dragon Freedom yang menerbangkan misi astronot Crew-4 SpaceX merapat dengan lab di ISS kurang dari 16 jam setelah lepas landas di atas roket Falcon 9

Ini tercatat sebagai perjalanan awak Dragon tercepat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, setelah menempuh jarak 420 kilometer di atas Samudra Pasifik dan bertemu di orbit. Ini adalah yang kedua kalinya dalam waktu kurang dari tiga minggu, SpaceX mengirimkan awak astronot ke ISS.

Setelah lubang palka Dragon terbuka 4 astronot Crew-4 kemudian masuk dan melayang dalam ISS, yang akan menjadi rumah mereka selama enam bulan ke depan atau lebih. Keempat astronot terse but, adalah Kjell Lindgren, Bob Hines, dan Jessica Watkins dari NASA serta Samantha Cristoforetti dari Badan Antariksa Eropa (ESA).



Mereka bergabung dengan 7 astronot lain yang sudah berada di ISS, yaitu Thomas Marshburn dari NASA, Kayla Barron dan Raja Chari, Matthias Maurer dari ESA, dan kosmonot Rusia Oleg Artemyev, Denis Matveev dan Sergey Korsakov. Untuk Jessica Watkins menorehkan catatan sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang menerbangkan misi berdurasi panjang ke ISS.

Setelah kedatangan astronot Crew-4 SpaceX, 4 astronot Crew-3 SpaceX akan kembali ke Bumi yang dijadwalkan berangkat pada 4 Mei 2022. 4 Astronot Crew-3 SpaceX yang direncanakan kembali ke Bumi, adalah Marshburn, Barron, Chari, dan Maurer, yang berada di ISS sejak November 2021.
Astronot Crew-4 SpaceX Tiba di ISS, Kapsul Dragon Freedom Tempuh Perjalanan Tercepat


Sebelumnya, SpaceX pada 9 April 2022 juga baru meluncurkan kapsul Dragon Endeavour ke ISS dengan membawa kru komersial untuk pertama kali. Ada empat kru komersial pertama yang diluncurkan dalam misi Ax-1, yang diselenggarakan Axiom Space yang berbasis di Houston, dipimpin mantan astronot NASA, dan karyawan Axiom saat ini, Michael López-Alegría.



Kapsul Ax-1's Dragon menempati port docking ISS yang sama dengan yang digunakan Crew-4 SpaceX sekarang. Misi Ax-1 dijadwalkan meninggalkan ISS pada 19 April 2022, namun ditunda menjadi tanggal 24 April 2022 akibat cuaca buruk di zona pendaratan (splashdown).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)