Cara Mudah Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Api Secara Online

Sabtu, 20 Juni 2020 - 10:41 WIB
loading...
Cara Mudah Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Api Secara Online
Peta visibilitas untuk Gerhana Matahari Annular atau Cincin Api pada 21 Juni 2020. Foto/Fred Espenak/NASA
A A A
JAKARTA - Gerhana Matahari Cincin Api akan "pamer diri" di beberapa bagian Afrika dan Asia , besok (Minggu, 21/6/2020). Jika penasaran tapi wilayah Anda tidak langsung dilintasi gerhana tersebut, kita masih dapat menyaksikan pertunjukan spektakuler itu secara online. (Baca juga: China Sebut Strain Virus Asal Eropa Ditemukan di Beijing )
Cara Mudah Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Api Secara Online

Gerhana Matahari Cincin Api seperti yang terlihat oleh observatorium online Slooh, pada 26 Februari 2017. Foto/Slooh

Gerhana Matahari yang terjadi besok adalah apa yang dikenal sebagai Gerhana Annular (Cincin Api), di mana bulan tidak sepenuhnya menutupi Matahari saat melewati antara bintang dan Bumi seperti yang terlihat dari planet kita. Sebagai gantinya, sebuah cincin sinar Matahari akan bersinar di sekitar tepi luar, karenanya mendapat julukan Gerhana Cincin Api.

Dilansir dari space.com, waktu gerhana maksimum ialah ketika peristiwa "cincin api" itu terjadi, yakni pada pukul 02.40 EDT (06.40 GMT/13.40 WIB) Minggu, 21 Juni, saat bulan melintas ke pusat bola matahari, dari perspektif Bumi. Menurut NASA, gerhananya sendiri dimulai pukul 11.45 malam EDT Sabtu, 20 Juni (03.45 GMT, Minggu/10.45 WIB) dan berakhir pukul 05.34 pagi EDT (10.34 GMT/17.34 WIB) 20 Juni.

Gerhana akan terjadi hanya beberapa jam setelah bulan memasuki fase "bulan baru". Karena bulan akan dekat apogee atau bagian terjauh dari Bumi, ukuran cakram bulan tidak akan cukup untuk menutupi matahari. Cincin kecil sinar matahari yang masih terlihat akan membuat ini gerhana "annular" (dari annulus Latin, yang berarti berbentuk cincin.)

Wilayah di jalur visibilitas meliputi Republik Demokratik Kongo, Republik Afrika Tengah, Sudan Selatan, Sudan, Ethiopia, Laut Merah, Yaman, Arab Saudi, Oman, Teluk Oman, Pakistan, India, China, Taiwan, dan Laut Filipina (selatan Guam), Australia utara, dan Samudera Pasifik utara.

Bila Anda penasaran tapi wilayahnya jauh dari lintasan Gerhana Matahari, maka pilihan menikmatinya secara online adalah pilihan terbaik. Ada beberapa opsi yang tersedia:

Slooh Webcast
Cara Mudah Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Api Secara Online

Layanan penyiaran astronomi Slooh akan mengadakan tayangan langsung Gerhana Matahari secara virtual mulai pukul 13.00 EDT (05.00 GMT/12.00 WIB). Anda dapat menontonnya langsung di situs Space.com, milik Slooh. Masyarakat umum juga dapat melakukan streaming acara di Facebook, Twitter dan YouTube.

"Slooh akan menampilkan aliran langsung gerhana dari beberapa observatorium mitra di Timur Tengah, India, dan Timur Jauh. Anggota dapat mengambil foto gerhana di seluruh liputan langsung," kata Slooh dalam keterangan resminya.

timeanddate.com
Cara Mudah Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Api Secara Online

Para penggemar astronomi juga menyaksikannya di situs timeanddate.com. Mereka menggelar pengamatan secara live di kanal YouTube-nya.

"Karena pembatasan perjalanan COVID-19, rencana awal kami mengirimkan observatorium seluler kami ke Oman harus dibatalkan," kata perwakilan tentang siaran tersebut, dikutip dari timeanddate.com.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)