Foto Satelit Bongkar Persiapan Kapal Selam Rusia, Dipersenjatai Rudal Kalibr

Sabtu, 30 April 2022 - 20:23 WIB
loading...
Foto Satelit Bongkar Persiapan Kapal Selam Rusia, Dipersenjatai Rudal Kalibr
Foto ini, diambil oleh satelit WorldView-2 Maxar Technologies, menunjukkan rudal dimuat ke kapal selam kelas Kilo Rusia (tengah, ke kiri menara kuning tinggi) di pelabuhan Laut Hitam Sevastopol pada 29 April 2022. Foto/Satellite image ©2022 Maxar Technolo
A A A
KIEV - Sebuah satelit bermata tajam merekam aktivitas pengisian rudal yang sedang dimuat ke kapal selam Rusia di pelabuhan Sevastopol, Semenanjung Krimea, hari Jumat 29 April 2022. Foto satelit terbaru yang diambil oleh pesawat luar angkasa Maxar Technologies WorldView-2 menunjukkan seperti rudal Kalibr di sebelah kapal selam kelas Kilo.

"Citra satelit mengungkapkan bagian haluan kapal selam Kilo dengan penampang yang panjang memuat rudal. Serta dua truk diposisikan di dekatnya yang digunakan untuk mengangkut rudal ke dermaga untuk memuat ke kapal selam," tulis perwakilan Maxar dalam sebuah pernyataan email dikutip SINDOnews dari laman space.com, Sabtu (30/4/2022).

Selain foto kapal selam, WorldView-2 juga menangkap pemandangan luas Sevastopol pada hari Jumat 29 April 2022 serta citra kandang lumba-lumba di pintu masuk pelabuhan kota. Rusia kemungkinan menggunakan lumba-lumba terlatih untuk melindungi pelabuhan dari penyusupan oleh penyelam Ukraina.

Baca juga; 10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia

Rusia baru-baru ini menyerang Ukraina dengan rudal Kalibr yang diluncurkan dari kapal selam di Laut Hitam. Sevastopol dan seluruh Semenanjung Krimea adalah wilayah Ukraina hingga Februari 2014, ketika Rusia menginvasi dan mencaplok wilayah tersebut.
Foto Satelit Bongkar Persiapan Kapal Selam Rusia, Dipersenjatai Rudal Kalibr


Rusia awalnya menyerang petak luas Ukraina tetapi baru-baru ini lebih fokus pada bagian selatan dan timur negara itu, setelah dipukul mundur di wilayah lain. Satelit yang dioperasikan oleh Maxar dan perusahaan swasta lainnya seperti Planet dan BlackSky telah membantu pejabat pemerintah dan masyarakat luas memantau serangan Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari 2022.

Baca juga; China Ciptakan Robot Kapal Selam Berteknologi Super Canggih
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1478 seconds (10.101#12.26)