4 Ular Tercepat di Dunia, Ada yang Bisa Mencapai Hampir 30 Km Per Jam

Senin, 02 Mei 2022 - 17:03 WIB
loading...
4 Ular Tercepat di Dunia, Ada yang Bisa Mencapai Hampir 30 Km Per Jam
Ular dikenal sebagai predator penyergap yang ideal, cepat dan mematikan. Foto/a-z-animals
A A A
JAKARTA - Ular berevolusi jutaan tahun sebelum mamalia dan merupakan ancaman yang sangat berbahaya. Hewan berdarah panas ini dikenal sebagai predator penyergap yang ideal, cepat dan mematikan.

Faktor bentuk tubuh ular memungkinkan untuk berbaur dengan mudah ke hampir semua lingkungan dan bergerak cepat tanpa diketahui mangsanya. Kesederhanaan desain itu — bila dikombinasikan dengan rahang uniknya yang berengsel — menjadikan pemangsa yang mengerikan karena mampu melumpuhkan hewan yang jauh lebih besar. Dikutip dari laman a-z-animals, Senin (2/5/2022), berikut daftar 5 ular tercepat di dunia.

1. Black Mamba, 12 Mil Per Jam atau 19 Km Per Jam
4 Ular Tercepat di Dunia, Ada yang Bisa Mencapai Hampir 30 Km Per Jam


Black Mamba merupakan ular tercepat di Afrika dengan kecepatan 12 mil per jam atau sekitar 19,3 km per jam. Ular ini juga dikenal memiliki racun yang sangat mematikan, hanya membutuhkan 2 tetes bisa untuk membunuh manusia dewasa.

Jadi bisa dibayangkan betapa mengerikannya ular sepanjang 14 kaki atau sekitar 4,2 meter bergerak cepat di sekitar Anda. Di alam liar, tupai dan tikus yang gesit, jarang bisa lolos dari sergapan Black Mamba.



2. Ular Punggung Berlian Timur, 2,95 Meter Per Detik
4 Ular Tercepat di Dunia, Ada yang Bisa Mencapai Hampir 30 Km Per Jam


Ular punggung berlian timur atau eastern diamondback rattlesnake merupakan ular yang mampu melakukan serangan tercepat di Amerika, 2,95 Meter Per Detik. Untuk predator penyergap seperti ular punggung berlian timur ini, kecepatan bergerak tidak selalu merupakan keharusan.

Namun, serangan dalam sepersekian milidetik sangat berarti karena menjadi perbedaan antara hidup dan mati. Ular ini bukan tipe pencari mangsa yang gemar bertarung, namun bisanya mampu melumpuhkan hewan yang memiliki ukuran 2/3 lebih besar darinya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)