Keren, Jepang Ciptakan Robot Gundam untuk Pasang Rel Kereta

Selasa, 03 Mei 2022 - 12:12 WIB
loading...
Keren, Jepang Ciptakan Robot Gundam untuk Pasang Rel Kereta
Robot humanoid raksasa dikendalikan oleh seorang pilot melalui VR. Foto: ist
A A A
JEPANG - Jepang memang punya banyak anime dan manga bertema mecha atau robot. Mulai dari Mobile Police Patlabor hingga Mobile Suit Gundam . Dan agaknya robot berukuran raksasa yang tugasnya membantu manusia itu tidak hanya ada dalam imajinasi.

Sebab, sebuah perusahaan Jepang membawa teknologi robot humanoid raksasa ke level berikutnya.

Seperti dilaporkan New Atlas, Perusahaan Kereta Api Jepang Barat JR West menggunakan robot Gundam yang sangat besar untuk memperbaiki saluran listrik kereta api jarak jauh.

Dan yang lebih keren lagi, robot tersebut dikendalikan oleh manusia melalui pengaturan VR atau Virtual Reality dari jarak jauh. Jadi, benar-benar seperti apa yang terjadi di anime atau manga.

Robot humanoid tersebut memilik dada raksasa, dengan lengan yang menggunakan derek hidrolik. Lengan tersebut mampu mengangkat barang hingga 10 meter di udara. Yang unik, kepala robot tersebut memang tidak terlihat seperti Gundam. Tapi, justru mirip dengan karakter Wall-E di Pixar.

Kepalanya bisa bergerak mengikuti gerakan manusianya. Sehingga pilot atau pengendalinya bisa menyuruh robot mencari barang atau melakukan tugas tertentu.

Meski demikian, robot yang dikembangkan oleh JR West bersama dengan perusahaan teknologi sinyal kereta api Nippon Signal ini hanyalah sebuah purwarupa. Jadi, tidak akan digunakan untuk umum hingga 2024 mendatang.

Namun, kehadiran mecha tersebut bisa jadi gambaran luar biasa terhadap robot humanoid dan bagaimana dampaknya terhadap kehidupan manusia. Bukan tidak mungkin nantinya melihat robot-robot raksasa sedang membangun jalan, memasang rel kereta, memperbaiki tiang listrik atau lainnya adalah hal yang biasa.

Karena robot ini dirancang oleh industri kereta api, belum ada kepastian apakah robot tersebut akan bisa digunakan lintas industri lainnya. Yang jelas, New Atlas melaporkan bahwa tujuan JR West membuat robot untuk meningkatkan produktivitas juga keselamatan para pekerjanya.



Menggunakan robot, maka pekerja hanya perlu ada di kantor dan menggunakan VR untuk mengangkat beban berat atau melakukan berbagai tugas tanpa ada risiko.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)