Sukses Jalani Uji Terbang Ke-5, Pesawat Roc Stratolaunch Siap Bertugas

Kamis, 05 Mei 2022 - 11:53 WIB
loading...
Sukses Jalani Uji Terbang Ke-5, Pesawat Roc Stratolaunch Siap Bertugas
Pesawat pengangkut Roc, yang dibuat oleh perusahaan kendaraan hipersonik Stratolaunch, menyelesaikan uji penerbangan kelima pada Rabu 4 Mei 2022. Foto/Space.com/Stratolaunch
A A A
FLORIDA - Pesawat pengangkut Roc, yang dibuat oleh perusahaan kendaraan hipersonik Stratolaunch, menyelesaikan uji penerbangan kelima pada Rabu 4 Mei 2022. Pesawat Roc lepas landas dari Mojave Air and Space Port di California, Amerika Serikat (AS), dikawal pesawat Cessna 550 Citation Bravo.

Roc adalah pesawat pengangkut terbesar yang pernah dibuat memiliki bobot seberat 227.000 kilogram dirancang untuk membawa kendaraan hipersonik ke udara. Pesawat yang memiliki lebar sayap yang membentang 117 meter, siap menjalankan tugas setelah sukses menjalani uji terbang kelima.

“Latihan membuat sempurna!” tulis tweet Stratolaunch dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (5/5/2022). Roc, terlihat seperti “pesawat ganda” melakukan uji terbang kelima, sebelumnya uji terbang keempat dilaukan Februari 2022.



Selama uji terbang kelima, tim Stratolaunch bekerja untuk memastikan kinerja pengujian roda pendarat berfungsi baik setelah uji penerbangan keempat. “Tim terus menguji operasi roda gigi melalui sistem siklus udara,” lanjut tweet Stratolaunch.

Dengan struktur tiang baru, struktur sayap pesawat Roc dapat menampung muatan yang akan membantunya mencapai tujuan akhir membawa kendaraan hipersonik. Tiang baru ini berukuran 15 kaki atau sekitar 4,5 meter persegi.

“Tim fokus pada ekspansi flight envelope dan memvalidasi tiang yang baru saja dipasang yang akan membawa dan melepaskan kendaraan hipersonik Talon," tambah keterangan perusahaan itu dalam tweet.


Sukses Jalani Uji Terbang Ke-5, Pesawat Roc Stratolaunch Siap Bertugas


Stratolaunch mulai dibangun pada tahun 2011 oleh Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft yang ingin mengembangkan cara alternatif untuk meluncurkan satelit. Allen meninggal pada tahun 2018, setahun sebelum Roc melakukan uji terbang pertamanya pada tahun 2019.

Setelah uji penerbangan pertama Roc, Stratolaunch mengubah kepemilikannya pada tahun 2019 dan pada tahun 2020 mengumumkan bahwa mereka telah mengalihkan fokus ke menerbangkan kendaraan hipersonik. Secara khusus, Stratolaunch bertujuan untuk menerbangkan kendaraan yang terbang dengan kecepatan Mach 5, atau lima kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Pada tahun 2020, perusahaan mulai membangun Talon-A, sebuah prototipe kendaraan hipersonik yang dirancang untuk diluncurkan dari Roc. Talon-A akan memiliki panjang 8,5 meter, dengan berat 2.700 kg dan dirancang untuk terbang secepat Mach 6, atau enam kali kecepatan suara.

Stratolaunch awalnya berencana untuk melakukan uji jatuh pertama dengan Roc dan Talon-A pada awal 2022. Namun, sekarang perusahaan sedang mencari pasangan yang siap untuk kemampuan operasional penuh pada pertengahan hingga akhir 2023.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)