Millennium Falcon Kapal Futuristik Star Wars, Bisakah Diwujudkan Jadi Kenyataan?

Kamis, 05 Mei 2022 - 13:19 WIB
Interior Millennium Falcon yang dibuat Ilustrator Kemp Remillard. Foto/LucasFilm/Space.com
LOS ANGELES - Di alam semesta " Star Wars ", Millennium Falcon digembar-gemborkan sebagai kapal paling keren. Millennium Falcon merupakan kapal kargo yang terletak di pusat beberapa petualangan paling luar biasa dalam seri Star Wars.

Millennium Falcon awalnya dimenangkan Han Solo dari Lando Calrissian di Turnamen Cloud City Sabacc. Millennium Falcon memiliki begitu banyak teknologi mutakhir yang luar biasa. Lalu, dapatkah kita membangun Millennium Falcon yang nyata?

Singkatnya, tidak. Tapi beberapa teknologi saat ini bisa disamakan. Tentu, perlu menjelajahi beberapa fitur teknologi paling menonjol dari kapal ikonik ini dan apa yang harus terjadi sebelum mewujudkan Millennium Falcon.

Hyperdrive

Kecepatan khas Millennium Falcon berasal dari hyperdrive, sistem propulsi yang mendorong kapal ke kecepatan ringan. Fungsi hyperdrive dengan menggunakan "partikel hypermatter" untuk mengirim pesawat ke hyperspace, dimensi alternatif yang dicapai dengan melakukan perjalanan pada atau di luar kecepatan cahaya.

Teknik ini menggunakan kerutan di kain ruang-waktu, atau lubang cacing: potongan kain yang dilipat untuk menghubungkan dua titik yang jauh. Sekarang, sementara teori relativitas umum memprediksi lubang cacing, mereka masih hanya fenomena teoretis.

“Anda akan membutuhkan beberapa jenis materi yang sangat eksotis untuk menstabilkan lubang cacing, dan tidak jelas apakah materi seperti itu ada di alam semesta,” kata Stephen Hsu, seorang profesor fisika teoretis di University of Oregon, dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (5/5/2022).

G-Forces

Belum selesai dengan persoalan hyperdrive, ada masalah lain yang muncul untuk mewujudkan Millennium Falcon, yaitu G-Forces. Menurut perhitungan dari Wired, penumpang di atas Millennium Falcon dapat mengalami hingga sekitar 12 G saat bepergian dengan kecepatan yang digambarkan dalam film. Ini sebanding dengan 12 kali medan gravitasi dari yang biasanya kita alami di Bumi.