Begini Jadinya Jika Halalbihalal dan Tausiah Dilakukan lewat Metaverse

Jum'at, 06 Mei 2022 - 16:40 WIB
loading...
Begini Jadinya Jika Halalbihalal dan Tausiah Dilakukan lewat Metaverse
Dengan metaverse, ajang silaturahmi tetap bisa dilakukan di tengah-tengah momen cuti bersama dan mudik Lebaran.
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri biasanya disertai dengan acara Halalbihalal atau kumpul silaturahmi. Namun seiring kemajuan teknologi, kini Halalbihalal tidak harus dilakukan dengan tatap muka. Namun, secara online lewat metaverse.

Hal ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada belum lama ini di platform spatial.io.

Halalbihalal via metaverse yang diselenggarakan oleh Ditjen Otda Kemendagri diikuti oleh para pejabat dan jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Ditjen Otda.

Dengan metaverse, ajang silaturahmi tetap bisa dilakukan di tengah-tengah momen cuti bersama dan mudik Lebaran. Metaverse juga dapat meminimalisir potensi ancaman penularan Covid-19.

Begini Jadinya Jika Halalbihalal dan Tausiah Dilakukan lewat Metaverse

Tidak hanya saling bersilaturahmi, dalam Halalbihalal lewat metaverse ini turut dihadirkan Ustaz Das'ad Latif. Ustad kondang ini ikut menyelam di metaverse untuk memberikan tausiah kepada peserta lainnya.

”Idul Fitri 1443 Hijriah keluarga besar Ditjen Otda dapat menjalin silaturahmi dengan nuansa baru, yakni bersilaturahmi melalui metaverse dengan avatarnya masing-masing,” ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Otda Akmal Malik dalam pernyataan resminya.

Untuk diketahui, pagelaran acara yang dilangsungkan di metaverse sebenarnya bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya, Arab Saudi juga berencana membuat Ka'bah Masjidil Haram di metaverse.

Dengan kehadiran Ka'bah Masjidil Haram di metaverse umat Islam dapat mengenal lebih jauh tentang rumah suci mereka. Selain itu juga bagi yang ingin beribadah umroh bisa belajar di sana.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Fitri, Trafik Data Telkomsel Naik 21% tapi Suara dan SMS Turun 31%

Acara di metaverse juga pernah dilangsukan musisi dunia Justin Bieber pada 18 November 2021 lalu. Kala itu Justin Bieber menggelar konser untuk promo album terbarunya, Justice, dengan menyanyikan lagu ‘Peaches’, ‘Lonely’, dan ‘Hold On’.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1108 seconds (10.177#12.26)