Spesifikasi Pesawat Hari Kiamat Rusia Ilyushin Il-80

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:42 WIB
loading...
Spesifikasi Pesawat Hari Kiamat Rusia Ilyushin Il-80
Ilyushin Il 80 Maxdome dikenal sebagai pesawat hari kiamat milik Rusia. Pesawat ini dibuat dengan tujuan untuk melindungi Presiden Rusia apabila terjadi perang nuklir. Foto/Pugavel
MOSKOW - Ilyushin Il – 80 Maxdome dikenal sebagai pesawat hari kiamat milik Rusia. Pesawat ini dibuat dengan tujuan untuk melindungi Presiden Rusia apabila terjadi perang nuklir.

Untuk itu, pesawat ini memiliki teknologi dan peralatan yang canggih. Beberapa komponen komunikasi dari pesawat ini sempat dicuri ketika terparkir di Kota Taganrog, Rusia. Komponen yang dicuri berjumlah sekitar 39 komponen, peristiwa ini terjadi pada tahun 2020.

Bagian yang dicuri mengandung logam mulia termasuk platina dan emas, beratnya mencapai beberapa kilogram. Hal ini diduga menjadi penyebab dicurinya komponen itu.

Baca juga; "Pesawat Kiamat" Dibobol Pencuri, Kremlin Anggap Situasi Darurat



Perlengkapan yang dicuri ini diketahui merupakan rangkaian komunikasi canggih yang menggunakan antena satelit yang berada di depan pesawat, rangkaian ini bernama Zyeno-S. Selain itu tentunya Ilyushin Il – 80 ini masih memiliki peralatan mutakhir lain yang belum dibahas.

Sebagai pesawat hari kiamat ilyushin Il – 80 ini dapat menampung puluhan orang dan memiliki daya jelajah sejauh ratusan ribu mil selama tiga hari nonstop di udara, dengan persediaan bahan bakar 185 ton. Pesawat ini juga dapat mengisi bahan bakar di udara.

Saat ini Angkatan Udara Rusia memiliki empat pos komando udara Ilyushin – 80, pos komando ini dibuat pada era Uni Soviet. Pesawat ini memiliki peralatan komunikasi khusus untuk tetap bisa terhubung dengan angkatan bersenjata negara, termasuk pasukan yang meluncurkan nuklir.

Bagian ekor pesawat terdapat antena yang berguna untuk berkomunikasi dalam radius 6.000 kilometer. Pesawat hari kiamat ini dilengkapi dengan pod generator listrik besar yang berada di dalam mesin.

Baca juga; Pesawat Kiamat Putin Batal Terbang di Hari Kemenangan, Takut Disabotase?
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA