Spesifikasi Pesawat Hari Kiamat Rusia Ilyushin Il-80

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:42 WIB
loading...
Spesifikasi Pesawat Hari Kiamat Rusia Ilyushin Il-80
Ilyushin Il – 80 Maxdome dikenal sebagai pesawat hari kiamat milik Rusia. Pesawat ini dibuat dengan tujuan untuk melindungi Presiden Rusia apabila terjadi perang nuklir. Foto/Pugavel
A A A
MOSKOW - Ilyushin Il – 80 Maxdome dikenal sebagai pesawat hari kiamat milik Rusia. Pesawat ini dibuat dengan tujuan untuk melindungi Presiden Rusia apabila terjadi perang nuklir.

Untuk itu, pesawat ini memiliki teknologi dan peralatan yang canggih. Beberapa komponen komunikasi dari pesawat ini sempat dicuri ketika terparkir di Kota Taganrog, Rusia. Komponen yang dicuri berjumlah sekitar 39 komponen, peristiwa ini terjadi pada tahun 2020.

Bagian yang dicuri mengandung logam mulia termasuk platina dan emas, beratnya mencapai beberapa kilogram. Hal ini diduga menjadi penyebab dicurinya komponen itu.



Perlengkapan yang dicuri ini diketahui merupakan rangkaian komunikasi canggih yang menggunakan antena satelit yang berada di depan pesawat, rangkaian ini bernama Zyeno-S. Selain itu tentunya Ilyushin Il – 80 ini masih memiliki peralatan mutakhir lain yang belum dibahas.

Sebagai pesawat hari kiamat ilyushin Il – 80 ini dapat menampung puluhan orang dan memiliki daya jelajah sejauh ratusan ribu mil selama tiga hari nonstop di udara, dengan persediaan bahan bakar 185 ton. Pesawat ini juga dapat mengisi bahan bakar di udara.

Saat ini Angkatan Udara Rusia memiliki empat pos komando udara Ilyushin – 80, pos komando ini dibuat pada era Uni Soviet. Pesawat ini memiliki peralatan komunikasi khusus untuk tetap bisa terhubung dengan angkatan bersenjata negara, termasuk pasukan yang meluncurkan nuklir.

Bagian ekor pesawat terdapat antena yang berguna untuk berkomunikasi dalam radius 6.000 kilometer. Pesawat hari kiamat ini dilengkapi dengan pod generator listrik besar yang berada di dalam mesin.



Setiap pod generator listrik memiliki panjang sekitar 9,5 meter dan 1,3 meter. Kedua pod tersebut juga dilengkapi lampu pendaratan. Pesawat ini juga dilengkapi dorsal radome yang berfungsi untuk komunikasi dengan satelit (SATCOM).

Dditambah kabel antena di bagian belakang badan pesawat yang berfungsi untuk transmisi dan penerimaan radio Very Low Frequency (VLF), yang berguna untuk berkomunikasi dengan kapal selam pengusung rudal balistik.

Ilyushin – 80 telah beroperasi sejak 1987 dan akan diganti oleh pesawat baru yang memiliki jarak tempuh lebih jauh yang akan dinamakan Il-96-400M, namun belum ada informasi lebih lanjut kapan tepatnya.

Itulah beberapa spesifikasi dari Ilyushin – 80 yang merupakan pesawat andalan Rusia untuk saat ini. Tidak diragukan lagi kecanggihan akan peralatan yang dimilikinya, bahkan apabila terjadi perang nuklir Presiden Rusia, Vladimir Putin akan menaiki pesawat ini untuk memimpin jalannya peperangan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0879 seconds (0.1#10.140)