Kamis, 12 Mei 2022 - 14:00 WIB
Hewan-hewan Ini Punya Nama Latin dari Selebritas dan Tokoh Kontroversial
Nama Adolf Hitler diabadikan melalui nama latin kumbang buta yang ditemukan di Slovenia. Foto/IST
JAKARTA -
Penyebutan nama-nama latin beberapa hewan ternyata semakin unik karena ada yang menggunakan nama selebritas bahkan tokoh kontroversial. Penggunaan nama seseorang pada flora atau fauna yang ada di bumi sebenarnya bukan hal asing.

Hanya saja kebanyakan nama-nama yang digunakan datang dari orang-orang yang pertama kali menemukan baik itu ilmuwan maupun orang biasa.

Hanya saja belakangan ini tren penggunaan nama-nama selebritas dan tokoh kontroversial pada flora atau fauna yang ada justru mulai popular.

Nah berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kumbang Adolf Hitler (Anophthalmus hitleri)
Hewan-hewan Ini Punya Nama Latin dari Selebritas dan Tokoh Kontroversial

Kumbang ini pertama kali ditemukan tahun 1933 di gua-gua lembab yang ada di Slovenia oleh seorang peneliti Jerman, Oskar Scheibel. Kumbang itu tergolong langka karena memang lahir dalam keadaan buta.

Saat itu Oskar Scheibel mendedikasikan kumbang itu buat Adolf Hitler yang memang tengah menjabat kanselir Jerman. Kini nama itu bikin kontroversi karena banyak yang tidak terima penggunaan nama Adolf Hitler.

Banyak upaya yang dilakukan untuk mencopot nama Adolf Hitler. Sayangnya kumbnag itu tetap diberi nama latin Anophthalmus hitleri.

2. Ngengat Donald Trump (Neopalpa donaldtrumpi)
Hewan-hewan Ini Punya Nama Latin dari Selebritas dan Tokoh Kontroversial

Neopalpa donaltrumpi adalah spesies ngengat yang hanya ditemukan di California Selatan dan Meksiko Utara. Ngengat itu itu istimewa karena bagian kepalanya memiliki serpihan emas yang sangat mirip dengan rambut Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump.

3. Makhluk Laut Kuno Barack Obama (Obamus coronatus)
Hewan-hewan Ini Punya Nama Latin dari Selebritas dan Tokoh Kontroversial

sebuah makhluk kuno yang hidup di dasar lautan sekitar 550 juta tahun lalu diberi nama latin Obamus coronatus.

Fosil makhluk tersebut ditemukan di Australia Selatan, dan dilakukan oleh tim peneliti Universitas California-Rivernia dan Museum Australia Selatan.

Profesor paleontologi Mary Droser yang memimpin penelitian menyebutkan bentuk makhluk tersebut yang rata dan melingkar mirip dengan telinga Barack Obama.

Nama Presiden Amerika Serikat ke-44 itu bahkan paling banyak dijadikan nama spesies. Total ada 13 spesies yang menggunakan nama Barack Obama. Beberapa di antaranya adalah Obamadon gracilis (kadal), Lasioglossum obamai (lebah), dan Caloplaca obamae (lumut).

4. Kaki Seribu Taylor Swift (Nannaria swiftae)
Hewan-hewan Ini Punya Nama Latin dari Selebritas dan Tokoh Kontroversial

Kaki seribu cakar bengkok yang diberi nama ilmiah Nannaria swiftae ini ditemukan di Pegunungan Appalachian di Amerika Serikat. Peneliti yang menemukan kaki seribu itu, Derek Hennen, sangat menyenangi penyanyi Taylor Swift . Itulah yang membuat dia bahagia mengabadikan nama penyanyi idolanya ke kaki seribu cakar bengkok yang dia temuka.

5. Buaya Pra-Sejarah Lemmy Kilminster (Lemmysuchus)
Hewan-hewan Ini Punya Nama Latin dari Selebritas dan Tokoh Kontroversial

Buaya yang hidup di era pra-sejarah diberi nama basis grup musik metal Motorhead, Lemmy Kilminster. Buaya dengan nama latin Lemmysuchus itu merupakan upaya mengabadikan nama Lemmy Kilminster yang sangat memiliki pengaruh besar di industri musik Inggris. Sama seperti Lemmysuchus yang diyakini meneror kawasan Inggris karena ukurannya yang sangat besar dan ganas.