Jum'at, 13 Mei 2022 - 10:18 WIB
Gambar Perdana Lubang Hitam di Galaksi Bimasakti Akhirnya Terekam
Lubang hitam yang ada di galaksi Bimasakti terekam dalam foto berkat kerja bareng 8 observatorium. Foto/DOK.ESO
JAKARTA - Gambar perdana lubang hitam atau black hole di galaksi Bimasakti akhirnya terekam oleh kamera. Gambar yang dirilis oleh European Southern Observatory (ESO).

Gambar lubang hitam itu diketahui merupakan hasil kerja keras tim peneliti bernama Event Horizon Telescope (EHT). Tim tersebut mendapatkan foto dengan melakukan observasi jaringan radio teleskop yang ada di seluruh dunia.

Foto itu sendiri memberikan banyak bukti bahwa objek yang ada di jantung galaksi Bimasakti memang merupakan lubang hitam. Dati foto itu astronom juga dapat mempelajari cara kerja lubang hitam tersebut.

Disebutkan Eureka Alert, gambar tersebut memang telah lama ditunggu. Pasalnya para ilmuwan sebelumnya telah melihat bintang-bintang mengorbit di sekitar sesuatu yang tidak terlihat, kompak, dan sangat masif di pusat Bimasakti.

Saat itu para ilmuwan sepakat menyebut nama objek itu sebagai Sagitarius A*. Sebagian lainnya menduga bahwa objek yang sama adalah lubang hitam. Hasilnya dari gambar itu terbukti bahwa Sagitarius A* memang lubang hitam.

Dari gambar yang diedarkan memang terlihat adanya lubang hitam berukuran super. Hanya saja foto tidak dapat memperlihatkan apa yang ada di lubang hitam karena memang benar-benar gelap.

Gambar Perdana Lubang Hitam di Galaksi Bimasakti Akhirnya Terekam

“Kami tercengang dengan ukuran cincin itu yang ternyata sangat sesuai dengan prediksi dari Teori Relativitas Umum Einstein,” kata salah satu tim peneliti EHT, Geoffrey Bower dari Institute of Astronomy and Astrophysics, Academia Sinica, Taipei.

Dia mengatakan foto itu memang semakin membuka peluang buat para peneliti untuk memahami apa yang terjadi di pusat galaksi Bimasakti. Selain itu gambar tersebut juga menawarkan wawasan baru tentang bagaimana lubang hitam raksasa ini berinteraksi dengan lingkungan mereka.