Nelayan Kamboja Tangkap Ikan Pari Raksasa di Sungai Mekong

Minggu, 15 Mei 2022 - 19:58 WIB
loading...
Nelayan Kamboja Tangkap Ikan Pari Raksasa di Sungai Mekong
Nelayan di Kamboja menangkap ikan pari raksasa seberat 181 kilogram (400 pon) di Sungai Mekong. Foto/Live Science/Wonders of the Mekong project
PHNOM PENH - Nelayan di Kamboja menangkap ikan pari raksasa seberat 181 kilogram (400 pon) di Sungai Mekong. Ikan pari besar ini tertangkap dari kedalaman sungai yang keruh setelah memakan umpan dari pancing nelayan.

Pari raksasa yang diidentifikasi sebagai ikan pari air tawar raksasa (Urogymnus polylepis), secara tidak sengaja ditangkap pada 5 Mei 2022 di provinsi Stung Treng di timur laut Kamboja. Para nelayan memberi tahu anggota tim Wonders of the Mekong project, kelompok konservasi yang dijalankan oleh University of Nevada, Reno (UNR), bekerja sama dengan otoritas perikanan setempat.

Anggota tim membantu melepaskan tali pancing dan mengukur pari sebelum melepaskannya dengan aman kembali ke sungai. Ikan pari raksasa ini memiliki berat 180 kilogram dan berukuran lebar 1,9 meter dan panjang 4 meter termasuk ekornya yang berbisa seperti cambuk.

Baca juga; Spesies Baru Ikan Pari Elang Ditemukan di Perairan Abu Dhabi



Menurut Zeb Hogan, ahli biologi ikan UNR dan direktur proyek Keajaiban Mekong, ikan pari air tawar raksasa adalah spesies ikan pari terbesar di dunia. Pemegang rekor ikan terbesar di Sungai Mekong adalah ikan lele raksasa Mekong (Pangasianodon gigas) yang ditangkap di Thailand pada tahun 2005 seberat 293 kg.

“Ukuran ikan pari ini sangat mengejutkan. Ikan pari air tawar raksasa kemungkinan bisa tumbuh lebih besar dari ini. Sangat jarang diketahui tentang ikan yang sangat besar ini karena hasil tangkapan hampir tidak pernah dilaporkan,” kata Hogan kepada Live Science, Minggu (15/5/2022).

Pada tahun 2009, ikan pari air tawar raksasa yang ditangkap di Thailand diperkirakan memiliki berat antara 249 dan 349 kg tetapi tidak pernah ditimbang secara resmi. Ikan air tawar terbesar di dunia adalah beluga sturgeon (Huso huso); ikan besar ini, yang ditemukan di Rusia, dapat mencapai panjang maksimum lebih dari 8 meter dan berat hingga 2 metrik ton.

Baca juga; Ini Alasan Florida Dijuluki Pusat Fosil Hiu dan Pari Dunia
Nelayan Kamboja Tangkap Ikan Pari Raksasa di Sungai Mekong


Sungai Mekong merupakan rumah bagi sejumlah spesies air besar lainnya, termasuk lumba-lumba Irrawaddy, kura-kura softshell raksasa, lele raksasa Mekong, barbs raksasa (sejenis ikan mas), lele goonch raksasa dan sheatfish raksasa (jenis lele lain).

Namun, kesehatan Sungai Mekong telah menurun secara serius dalam beberapa dekade terakhir karena polusi air, penangkapan ikan yang berlebihan dan fragmentasi habitat karena pembangunan sungai, seperti bendungan. Akibatnya, pari air tawar raksasa sekarang terdaftar sebagai spesies yang terancam punah.
(wib)
KOMENTAR ANDA