Satelit Mata-mata Rekam Foto Pertempuran di Pulau Ular Antara Ukraina dan Rusia

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB
loading...
Satelit Mata-mata Rekam Foto Pertempuran di Pulau Ular Antara Ukraina dan Rusia
Pulau Ular di Laut Hitam, seperti yang terlihat oleh satelit GeoEye-1 Maxar Technologies pada 12 Mei 2022. Foto/Citra satelit 2022 Maxar Technologies/Space.com
KIEV - Pulau yang sangat kecil, dikenal sebagai Snake Island (Pulau Ular), seluas 17 hektare di sekitar Laut Hitam, menjadi tuan rumah beberapa pertempuran sengit selama invasi Rusia ke Ukraina . Kondisi terkini Pulau Ular terekam dalam foto-foto menarik yang ditangkap satelit mata-mata GeoEye-1 Mxar.

Rusia merebut Pulau Ular dari Ukraina pada akhir Februari 2022, beberapa hari setelah invasi dimulai. Namun, pertempuran untuk menguasai pulau yang berada sekitar 45 kilometer di lepas pantai Rumania terus berlanjut karena memiliki posisi penting secara strategis.

Pada Kamis (12 Mei 2022), misalnya, pesawat ruang angkasa GeoEye-1 Maxar Technologies mengambil serangkaian foto Pulau Ular. Salah satunya menangkap serangan Ukraina terhadap kapal pendarat kelas Serna milik Rusia.

Baca juga; China Kembangkan Satelit yang Mampu Menarik Satelit Lain ke Luar Orbit, Ini Cara yang Dipakai



“Contrails asap dapat dilihat di daerah itu. Kemungkinan dari rudal/munisi yang baru-baru ini ditembakkan ke arah kapal, dan kapal pendarat terlihat melakukan manuver mengelak,” tulis perwakilan Maxar dalam deskripsi email tentang citra yang baru dirilis dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (16/5/2022).

Perusahaan seperti Maxar, Planet dan BlackSky memberi dunia pandangan luas tentang invasi Rusia. Citra mereka membantu pejabat pemerintah di Amerika Serikat dan negara-negara lain memantau pergerakan pasukan Rusia.

“Di bagian utara pulau, sebuah tongkang dengan derek pengangkat berat diposisikan dekat dengan kapal pendarat kelas Serna yang tenggelam yang baru-baru ini dihantam rudal drone Ukraina," tambah perwakilan Maxar, merujuk pada GeoEye 12 Mei lainnya.

Baca juga; Iran Berhasil Luncurkan Satelit Pengintai Militer Pertamanya
Satelit Mata-mata Rekam Foto Pertempuran di Pulau Ular Antara Ukraina dan Rusia


Di dekatnya, sebuah kapal pendarat kelas Serna tambahan diposisikan di jalur pendaratan. Di pulau itu sendiri, citra satelit memberikan pandangan lebih dekat dari bangunan yang rusak dari serangan baru-baru ini serta beberapa kendaraan pertahanan udara Rusia (sistem permukaan ke udara Pantsir) yang ditempatkan di dekatnya.

Penampilan foto kondisi di medan perang Ukraina Ini memungkinkan organisasi bantuan untuk memetakan operasi secara lebih efisien. Salah satu kota yang sangat membutuhkan bantuan adalah Mariupol, sebuah kota pelabuhan di tenggara Ukraina yang telah dikepung oleh pasukan Rusia sejak invasi dimulai.



Satelit WorldView-3 Maxar melihat beberapa bukti korban yang mengerikan ini pada hari Kamis 12 Mei 2022. Foto menunjukkan perluasan Pemakaman Starokrymske yang sedang berlangsung di tepi barat Mariupol.
(wib)
KOMENTAR ANDA