Ungkap Hewan-hewan Misterius di Amazon, Ilmuwan Pasang 57.000 Kamera

Rabu, 18 Mei 2022 - 07:00 WIB
loading...
Ungkap Hewan-hewan Misterius di Amazon, Ilmuwan Pasang 57.000 Kamera
Pemakan semut raksasa terekam oleh kamera pemantau yang dipasang ilmuwan WCS di hutan Amazon. Foto/DOK WCS Ekuador.
BRASIL - Para ilmuwan dari Wildlife Conservation Society (WCS) ternyata telah memasang lebih dari 57.000 kamera di hutan Amazon , Brasil untuk mengungkap hewan-hewan misterius. Kamera-kamera itu telah dipasang mulai dari 2001 hingga 2020.

Berkat ribuan kamera itu mereka berhasil merekam sebanyak 289 hewan yang berkelana di 143 titik yang ada di wilayah hutan Amazon. Seluruh penampakan 289 hewan itu sendiri terkompilasi dalam jurnal baru yang dirilis oleh Ecology.

Dalam jurnal itu 289 foto hewan di hutan Amazon bergabung dengan 120.000 foto hewan lain yang ada di hutan-hutan eksotis di 8 negara. Beberapa gambar yang terungkap di hutan Amazon memang sangat menarik.

Baca juga : Main Video Game Bikin Anak Lebih Cerdas Ketimbang Nonton Televisi dan Internet



Ungkap Hewan-hewan Misterius di Amazon, Ilmuwan Pasang 57.000 Kamera


Beberapa yang diperlihatkan di antaranya seperti anak jaguar yang lucu, trenggiling raksasa yang duduk di kubangan lumpur, anjing bertelinga pendek yang misterius, bersama dengan tapir, peccaries berbibir putih, elang harpy, toucans, puma, Andes beruang dan lusinan spesies lainnya. Bagi WCS, jaguar dan beruang Andes adalah spesies prioritas.

Disebutkan Eureka Alert tujuan dari penelitian dan pemasangan ribuan kamera itu adalah untuk membangun database gambar satwa liar Amazon, sekaligus mendokumentasikan hilangnya habitat, fragmentasi dan perubahan iklim. Diketahui Lembah Amazon mencakup hampir 8,5 juta kilometer persegi terbentang dari Brasil, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Guyana Prancis, Peru, Suriname, dan Venezuela.

Baca juga : Mau datang ke Indonesia November Nanti, Ini Pesawat Jet yang akan Digunakan Elon Musk

Ungkap Hewan-hewan Misterius di Amazon, Ilmuwan Pasang 57.000 Kamera


Robert Wallace, Direktur Program Lanskap Madidi-Tambopata Besar WCS, mengatakan puluhan ribu gambar yang disediakan WCS akan berfungsi sebagai titik data penting keberadaan spesies. Data yang dihasilkan kamrre akan menunjukkan di mana satwa liar berada dan keragaman spesies yang ditemukan di wilayah Amazon.



"Studi ini jadi yang pertama dimana gambar dari kamera di berbagai wilayah Amazon telah dikompilasi dan distandarisasi dalam skala besar," tegasnya.
(wsb)
KOMENTAR ANDA