Gelombang Panas Bikin Burung-Burung Berjatuhan dari Langit India

Selasa, 17 Mei 2022 - 14:45 WIB
loading...
Gelombang Panas Bikin Burung-Burung Berjatuhan dari Langit India
Burung-burung berjatuhan dari langit di India, seiring rekor gelombang panas yang mampu mengeringkan sumber air. Foto: Reuters
A A A
INDIA - Burung-burung yang mengalami dehidrasi berjatuhan dari langit di India. Gelombang panas di India mencapai rekor baru, begitu panasnya hingga membuat mata air mengering. Hal tersebut terjadi di wilayah Gujarat, India.

Lusinan burung yang biasa terbang tinggi seperti burung merpati atau burung layang-layang berjatuhan dari langit setiap harinya.

Suhu Mei ini di India diperkirakan akan mencapai puncaknya hingga 50 derajat celcius di dekat perbatasan India dan Pakistan. Bahkan, di negara bagian Gujarat barat India, saat ini suhu rata-rata di atas 43 derajat celicus. Demikian dilaporkan Reuters.

Manoj Bhavsar, seorang dokter hewan di sebuah rumah sakit hewan Jivdaya Charitable Trust di Ahmedabad mengatakan bahwa mereka telah merawat ribuan burung dalam beberapa pekan terakhir.

Dokter hewan Manoj Bhavsar memberikan obat kepada seekor elang setelah mengalami dehidrasi karena panas di Jivdaya Charitable Trust di Ahmedabad. Foto: Amit Dave/Reuters

”Tahun ini adalah tahun terburuk. Ada peningkatan 10% dalam jumlah burung yang perlu diselamatkan,” ujar Manoj Bhavsar, yang telah menyelamatkan burung selama lebih dari satu dekade.

Manoj tampak menyuntikkan air ke mulut burung dengan jarum suntik dan memberi mereka tablet multivitamin.

Tak hanya burung, hewan lain seperti kucing, juga menderita dehidrasi. Manoj mengatakan bahwa ia memberikan infus saline ke kucing yang ditutupi kain basah.

Sejak Maret, sebagian besar India dan Pakistan menderita suhu yang panasnya disebut “membakar”, yang menurut Organisasi Meteorologi Dunia adalah Maret terpanas di India.

Suhu bulan ini diperkirakan akan mencapai puncaknya sekitar 50 derajat di dekat perbatasan India dan Pakistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2188 seconds (0.1#10.140)